Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bahan Baku Baterai Smartphone Bakal Habis dalam 5-10 Tahun

Kabar buruknya, bahan baku untuk pembuatan baterai lithium-ion, yaitu logam lithium, terancam habis dalam 5 hingga 10 tahun mendatang. Untuk itu, perlu ditemukan alternatifnya.

Hal ini disampaikan oleh ilmuwan Stanley Whittingham dalam diskusi panel energi berkelanjutan di World Laureates Forum keempat di Shanghai, China.

Whittingham adalah salah satu dari tiga penemu baterai lithium-ion, yang menerima Penghargaan Nobel tahun 2019 untuk bidang Kimia.

Karena bahan baku lithium terancam punah, Whittingham mendesak agar dunia mulai mencari bahan baku alternatif untuk untuk membuat paket baterai yang dapat diisi ulang.

Sejumlah perusahaan sedang mengembangkan teknologi baterai pengganti lithium, misalnya Contemporary Amperex Technology Limited, or CATL yang memperkenalkan baterai sodium-ion pada Juli lalu.

Pabrikan gadget seperti Samsung juga mengembangkan baterai dengan material graphene yang disebut lebih unggul dibanding lithium karena bisa dibuat tips dan hanya membutuhkan waktu singkat untuk isi ulang.

Steven Chu, pemenang Hadiah Nobel Fisika 1997 dan mantan menteri energi Amerika Serikat, mengatakan bahwa bahan lain seperti graphite dan silikon juga bisa menjadi pengganti lithium di baterai. 

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Yicai Global, Kamis (4/11/2021), selain mencari alternatif, Whittingham mengatakan, proses daur ulang baterai lithium-ion juga harus segera dimulai.

Sebab, karena keterbatasan bahan baku dan permintaan yang masih tinggi, harga baterai lithium-ion mungkin bakal naik di masa depan.

Proses daur ulang baterai lithium-ion ini juga penting, kata Whittingham, karena jenis baterai ini menggunakan bahan baku logam lain, seperti kobalt dan nikel. Bila tidak bisa didaur ulang, baterai ini justru akan menghasilkan limbah dan mencemari lingkungan.

https://tekno.kompas.com/read/2021/11/04/19090077/bahan-baku-baterai-smartphone-bakal-habis-dalam-5-10-tahun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke