Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kesan Pertama Menonton Video di Layar Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G

Dengan diagonal 12,4 inci, layar perangkat ini lebih besar dibandingkan Galaxy Tab S7 (11 inci) dan menyamai Galaxy Tab S7 Plus. Tampilan layarnya pun terkesan lega, apalagi bingkai (bezel) yang mengelilinginya terbilang tipis dengan ketebalan hanya 8,9 inci.

Rasio perbandingan layar terhadap bodi Galaxy Tab S7 FE mencapai 84,6 persen. Sementara, resolusinya adalah 2.560 x 1.600 pixel dengan refresh rate 60 Hz. Panel display yang digunakan adalah TFT LCD seperti milik Galaxy Tab S7.

Meskipun bukan AMOLED, dari pengalaman KompasTekno menjajalnya untuk menonton konten video streaming, layar Galaxy Tab S7 FE ternyata mampu menampilkan gambar dengan tingkat kontras dan saturasi yang tinggi.

Kesan jernih diperkuat oleh resolusi layarnya yang terbilang tinggi pula. Namun, tentu saja ini harus diimbangi oleh resolusi konten video yang ditampilkan. Minimal 1080p agar pengalaman menonton maksimal.

Ketika berada di lingkungan outdoor, layar Galaxy Tab S7 FE yang memiliki tingkat kecerahan maksimal hingga 600 nits, sanggup mengimbangi terangnya cahaya, sehingga konten yang ditampilkan di layar masih bisa dilihat dengan jelas.

Supaya nyaman dan menghindari pantulan, sebaiknya kegiatan menonton dilakukan di tempat teduh.

Suara stereo, volume lantang

Hal lain yang tak kalah penting saat menyaksikan film atau serial TV favorit adalah keluaran audio. Galaxy Tab S7 SE memiliki dua buah speaker yang ditempatkan di sisi kiri dan kanan layar, ketika perangkat berada dalam orientasi landscape (horizontal).

Jumlahnya memang hanya setengah dari pengeras suara yang dimiliki kedua kakaknya, tapi kedua speaker Galaxy Tab S7 FE sudah cukup untuk menghasilkan efek stereo saat menonton video.

Jadi, alih-alih hanya dari satu sisi, audio tablet keluar dari sisi kiri dan kanan, sehingga terdengar seimbang sekaligus menghasilkan efek positional.

Walaupun mungkin terkesan sepele, perbedaan audio yang dihasilkan speaker stereo Galaxy Tab S7 FE -dibanding tablet lain yang speaker-nya hanya ada di satu sisi- jelas terdengar, baik saat menonton ataupun mendengar musik sambil bekerja.

Tak ada lagi kesan timpang, karena suara hanya keluar dari sisi kiri atau kanan.

Kualitas audio dari sepasang speaker hasil racikan AKG ini terdengar bagus untuk ukuran tablet. Jangan berharap dentuman bass yang menggelegar dan menggetarkan dengkul. Tapi setidaknya suara terdengar jelas, jernih, dan lantang tanpa sember.

Sepasang speaker di Galaxy Tab S7 FE ternyata juga memiliki volume lumayan tinggi. Cukup untuk mengisi kamar berukuran kecil dengan musik, tanpa perlu repot menyambungkan speaker bluetooth.

Bodi besar, baterai pun bongsor

Lebarnya layar Galaxy Tab S7 FE memberikan keuntungan lain, yakni kapasitas baterai yang bisa dibuat besar pula, hingga 10.090 mAh atau sekitar 2.000 mAh lebih besar dibandingkan baterai salah satu kakaknya, Galaxy Tab S7 yang berukuran fisik lebih kecil.

Samsung mengklaim daya tahan baterai Galaxy Tab S7 FE bisa bertahan selama 13 jam apabila digunakan untuk memutar video 720p secara terus menerus. Daya tahan baterai bisa bervariasi karena dipengaruhi oleh pola pemakaian perangkat.

Samsung menyertakan fast adaptive charger berdaya 15 watt di kemasan Galaxy Tab S7 FE.

Namun, tablet ini sebenarnya mendukung fast charging dengan daya hingga 45 watt, sehingga baterainya bisa diisi lebih cepat lagi asalkan pengguna memiliki charger yang sesuai (100 persen dalam 190 menit, menurut klaim Samsung).

Untuk menghemat penggunaan baterai dalam perjalanan, pengguna Galaxy Tab S7 FE bisa mengunduh serial TV kesukaan terlebih dahulu, dengan jaringan Wi-Fi di rumah atau kantor.

Jadi, ketika nanti hendak menonton, perangkat tak perlu lagi online dengan tersambung ke jaringan seluler/ Wi-Fi.

Kapasitas memori internal sebesar 128 GB terbilang masih cukup memadai untuk keperluan ini. Mungkin bisa menyimpan film seri hingga beberapa season kalau episode-nya tidak terlalu banyak.

Untungnya, Samsung turut menyediakan opsi ekspansi storage dengan kartu memori microSD hingga 1 TB.

Pemilik Galaxy Tab S7 FE pun tak perlu khawatir kehabisan ruang penyimpanan. Dari pabrik, kapasitas memori internal 128 GB hanya terisi belasan persen oleh sistem operasi dan aplikasi bawaan.

Layar lebar, multitasking nyaman

Satu "efek samping" dari layar lebar Galaxy Tab S7 FE yang tak disangka KompasTekno adalah tablet ini jadi nyaman dan praktis digunakan untuk multi-tasking.

Jendela-jendela aplikasi yang terbuka bersamaan bisa dilihat dengan nyaman. Huruf-huruf jelas terbaca tanpa perlu berusaha keras memfokuskan mata.

Maklum, ukuran layar Galaxy Tab S7 FE memang mendekati laptop 13 inci. Membuka situs-situs web versi desktop pun terasa menyenangkan, karena semua elemen visual bisa tampil tanpa terkesan dipaksakan muat seperti pada tablet berukuran kecil.

Dengan SoC Qualcomm Snapdragon 750G dan RAM 6 GB, Galaxy Tab S7 FE terasa lincah berpindah-pindah antar-aplikasi yang terbuka.

Supaya pengguna tak perlu sering-sering mengunjungi menu multi-tasking Android, Samsung menyediakan opsi untuk membuka tiga jendela aplikasi sekaligus di satu tampilan layar. Ukuran jendela-jendela tersebut bisa diubah-ubah sesuai kehendak.

KompasTekno, misalnya, bisa membuka browser Chrome di setengah layar sebelah kiri, mengetik dengan aplikasi Notes di 2/3 layar kanan atas, dan mendengar musik dari Spotify yang terbuka di 1/3 layar sisi kanan bawah.

Seperti menonton film serial TV, bekerja di Galaxy Tab S7 FE terasa nyaman, lagi-lagi karena layarnya yang besar itu.

Sedikit catatan, ukuran besar berarti bobot yang berat pula. Tablet ini memiliki bobot sekitar 600 gram dan kurang nyaman apabila berlama-lama digenggam hanya dengan tangan tanpa penopang.

Solusinya, taruh saja di pangkuan, atau di meja. Pengguna bisa memanfaatkan Book Cover yang dijual terpisah oleh Samsung untuk memfasilitas keperluan ini.

Cover keyboard pun dapat diberdayakan sebagai penyangga saat ingin rehat sejenak dari pekerjaan dan menonton video.

Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G sudah tersedia di berbagai channel penjualan online maupun offline dengan harga Rp 9.499.000. Khusus pembelian di Samsung.com tersedia bonus gratis bookcover keyboard senilai Rp 1.899.000 untuk periode pembelian 1-24 November 2021.

https://tekno.kompas.com/read/2021/11/05/20170007/kesan-pertama-menonton-video-di-layar-samsung-galaxy-tab-s7-fe-5g

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke