Salin Artikel

Aplikasi Clubhouse Kini Sediakan Pilihan dalam Bahasa Indonesia

Menurut Clubhouse, dengan adanya pilihan Bahasa Indonesia, pengguna di Tanah Air dapat lebih memahami maksud dari menu atau fitur-fitur yang ditawarkan.

Misalnya jika pengguna ingin membuat ruang obrolan (room) baru, mereka bisa langsung menekan opsi "Mulai Ruangan".

Pilihan Bahasa Indonesia di Clubhouse sementara baru hadir di aplikasi untuk ponsel Android saja. Sedangkan untuk ponsel iOS, pembaruan ini kemungkinan akan hadir dalam beberapa waktu mendatang.

"Pengaturan baru ini juga dapat membuat Clubhouse lebih mudah digunakan, karena semua petunjuk di dalamnya menggunakan Bahasa Indonesia yang dapat dimengerti oleh komunitas Indonesia," tulis Clubhouse dalam keterangan resmi yang dirangkum KompasTekno, Senin (8/11/2021).

Selain Bahasa Indonesia, bahasa lain yang ditambahkan Clubhouse di aplikasinya yaitu Perancis, Jerman, Hindi, Italia, Jepang, Kanada, Korea, Malayalam, Portugis (Brasil), Spanyol, Tamil, dan Telugu.

Pengguna baru atau yang ingin mendapatkan informasi terkait update atau pembaruan apa saja yang ada di aplikasi Clubhouse, bisa bergabung ke dalam room bernama "New Member Orientation" atau "Orientasi Anggota Baru" setiap hari Kamis pukul 07:00 WIB.

Sesi obrolan tersebut dipandu oleh para pendiri Clubhouse, yakni Paul Davison dan Rohan Seth, serta Anu Atluru, Head of Community Clubhouse.

Ada pula sesi perbincangan dalam Bahasa Indonesia, pengguna bisa bergabung ke room "Bincang Tengah Malam" yang diadakan setiap hari Senin pukul 20:00 WIB.

Sedikit informasi, aplikasi Clubhouse dirilis pertama kali untuk iOS di Amerika Serikat pada Maret 2020 lalu dan mendadak populer setelah digunakan oleh CEO Tesla, Elon Musk.

Clubhouse pun kemudian populer di Indonesia. Popularitasnya didorong oleh konsep unik yang ditawarkan.

Alih-alih video call, pengguna Clubhouse dapat berdiskusi hanya dengan mendengarkan suara dari partisipan yang bergabung di dalam ruang perbincangan.

Di dalam aplikasi Clubhouse, pengguna bisa terhubung dengan siapapun untuk mendengarkan dan melakukan percakapan yang membahas berbagai topik. Mulai dari pembahasan pribadi hingga topik perbincangan publik.

Singkatnya, Clubhouse adalah media sosial berbasis suara, di mana penggunanya bisa melakukan streaming audio, panggilan audio, hingga membuat acara dengan topik khusus yang dikemas dalam bentuk podcast.

Setiap mendengarkan sesi obrolan, pengguna akan menjumpai banyak orang yang muncul dan bisa langsung ditambahkan sebagai teman.

Semakin banyak topik dan orang yang diikuti, semakin sering pula muncul rekomendasi acara yang sesuai dengan preferensi.

Ketika sesi perbincangan selesai, nantinya ruang obrolan akan diselesaikan oleh moderator dan ditutup secara otomatis.

https://tekno.kompas.com/read/2021/11/08/14080017/aplikasi-clubhouse-kini-sediakan-pilihan-dalam-bahasa-indonesia

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.