Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perombakan Besar-besaran Induk TikTok

KOMPAS.com - Induk TikTok, ByteDance melakukan perombakan struktur bisnis besar-besaran, seiring dengan mundurnya Chief Financial Officer (CFO) ByteDance, Shou Zi Chew.

Adapun Shou Zi Chew sendiri bakal fokus sebagai CEO TikTok mulai Desember 2021. Sebelumnya, Shou sendiri bertanggung jawab atas dua posisi di ByteDance, yaitu sebagai CFO sekaligus CEO TikTok.

Menurut sebuah memo yang dikirimkan oleh co-founder ByteDance, Liang Rubo kepada karyawannya pekan lalu, ByteDance nantinya bakal membawahi enam unit bisnis yang memiliki fokus di segmen berbeda.

Di antaranya mencakup TikTok dan Douyin (TikTok khusus pasar China) untuk segmen kreator konten, Nuverse yang menyasar segmen gaming, Lark untuk segmen produktivitas, BytePlus untuk segmen bisnis, dan Dali Education untuk segmen pendidikan.

Sebelum digabungkan, ByteDance sendiri merupakan perusahaan yang membuat banyak aplikasi yang menyasar beragam segmen tanpa adanya bisnis unit yang menyatukannya.

Toutiao, misalnya, merupakan aplikasi berita yang sangat berbeda dengan platform streaming video Xigua dan media sosial Douyin, meski sama-sama dibuat oleh ByteDance.

Nah dengan adanya perombakan, sejumlah aplikasi yang membuat konten bakal disatukan dalam satu unit bisnis, sehingga perusahaan akan lebih terstruktur.

Toutiao dan Xigua, misalnya, bakal digabungkan dengan unit bisnis Douyin karena sama-sama menyasar segmen konten untuk pasar China.

"(Perombakan struktur) ini memastikan setiap lini bisnis ByteDance yang berkaitan dengan lini bisnis lainnya digabungkan dalam satu unit bisnis (yang jelas)," kata Liang, sebagaimana dikutip KompasTekno dari Reuters, Selasa (9/11/2021).

Sekadar informasi, perombakan struktur perusahaan ini digadang-gadang sebagai langkah perusahaan terbesar, pasca ByteDance ditinggal salah satu co-founder sekaligus CEO mereka, Zhang Yiming pada Mei lalu.

Meski demikian, Zhang saat ini tetap menjadi salah satu dari jajaran direksi ByteDance dan memiliki lebih dari 50 persen suara untuk segala rencana dan keputusan perusahaan yang bakal dijalankan.

Adapun posisi CEO perusahaan yang disebut memiliki valuasi sekitar 300 miliar dolar AS (sekitar Rp 4.278 triliun) ini bakal resmi dijabat oleh Liang pada Desember mendatang.

https://tekno.kompas.com/read/2021/11/09/09030017/perombakan-besar-besaran-induk-tiktok

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke