Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Manfaat Stylus di Galaxy Tab S7 FE 5G, Journaling, Edit Video, hingga Oprek Canva

Dengan S Pen, pengguna bisa menggambar atau menulis dengan tangan di layar Galaxy Tab S7 FE 5G. Ukuran layar tablet yang lebar dengan diagonal mencapai 12,4 inci membuat aktivitas tersebut menjadi terasa lebih mudah dan menyenangkan.

Untuk mengetahui kebolehan tablet ini, KompasTekno menjajal Galaxy Tab S7 FE 5G dan S Pen untuk melakukan berbagai hal, mulai dari journaling dengan aplikasi Samsung Notes, berkreasi dengan Canva, hingga editing video sederhana.

S Pen besar dan mudah digunakan

Galaxy Tab S7 FE 5G sudah menyertakan S Pen dalam paket penjualannya sehingga pengguna tak perlu lagi merogoh kocek tambahan untuk mendapatkannya.

Pena stylus ini mirip dengan yang biasa terdapat di seri ponsel Galaxy Note. Bedanya, S Pen Galaxy Tab S7 FE 5G berukuran jauh lebih besar, kira-kira sebanding dengan pena biasa, sehingga lebih nyaman dan natural saat digunakan.

Galaxy Tab S7 FE 5G tak memiliki kompartemen khusus untuk menyimpan S Pen. Tapi, pengguna bisa menempelkannya di punggung perangkat, persis di bawah modul kamera, yang dilengkapi dengan magnet.

Apabila ingin menyimpan dengan lebih aman, pengguna Galaxy Tab S7 FE 5G bisa membeli Book Cover Keyboard yang dibekali tempat khusus -yang juga bermagnet- di bagian tengah.

Di belakang cover terdapat cut-out sehingga S Pen tetap bisa dilekatkan di bagian punggung jika diinginkan, agar lebih mudah diraih saat bekerja di meja, misalnya.

S Pen di Galaxy Tab S7 FE 5G tidak tersambung ke tablet lewat koneksi Bluetooth. Pengguna pun tak perlu mengisi baterai sehingga stylus selalu siap pakai.

Pena ini hanya memiliki satu tombol di sisi samping yang fungsinya berubah-ubah tergantung aplikasi. Pengguna, misalnya, bisa menekan tombol untuk memanggil menu shortcut S Pen saat berada di home screen, atau untuk menghapus hasil coretan di aplikasi Samsung Notes.

Pena stylus ini memiliki ujung (tip) yang bisa diganti apabila sudah aus. S Pen Galaxy Tab S7 FE 5G memiliki pressure sensitivity yang mampu membedakan 4.096 tingkat tekanan serta latency kurang dari 30 ms.

Saat digunakan, pena S Pen terasa natural. Guratan tangan langsung muncul di layar tanpa ada jeda yang terasa. Samsung memang telah lama mengembangkan stylus S Pen, jadi wajar saja jika pengalaman memakainya sudah optimal.

Bisa ubah tulisan tangan menjadi teks

S Pen bisa digunakan untuk menggambar, menulis, dan berkreasi di berbagai aplikasi. Galaxy Tab S7 FE 5G menyediakan beberapa aplikasi yang mendukung pena stylus ini, seperti Canva, Noteshelf, Clip Studio, dan tentu saja Samsung Notes.

Pengguna bisa memanfaatkan S Pen dan aplikasi-aplikasi tersebut untuk kegiatan produktivitas maupun berkarya, seperti membuat jurnal harian dengan tulisan tangan dan aneka gambar sebagai pelengkap.

Di aplikasi Notes, hasil tulisan tangan dapat dikonversi menjadi teks. Pengguna cukup memilih ikon konversi di toolbar (kelima dari kanan), aplikasi kemudian akan menampilkan tool tersebut berikut area konversinya di layar.

Luas area konversi ini bisa disesuaikan oleh pengguna, menjadi lebih lebar atau sempit. Tulisan tangan di area konversi bisa langsung diubah menjadi teks di aplikasi Notes atau disalin ke clipboard.

Tool konversi cukup akurat dalam menyulap tulisan tangan menjadi teks. Hanya saja, tulisan tangan pengguna sebaiknya harus jelas terbaca agar tak salah dikenali.

Galaxy Tab S7 FE 5G memiliki palm rejection yang bisa diandalkan sehingga pengguna tak perlu khawatir menaruh telapak tangan di layar ketika menggunakan S Pen. Sebab, Perangkat hanya akan menerima input dari ujung pena saja.

Dengan S Pen, aplikasi Notes, dan tool konversi, Galaxy Tab S7 FE 5G pun bisa berperan sebagai alat pencatat kegiatan untuk mereka yang gemar memakai tulian tangan.

Selain lebih praktis dan hemat dibanding kertas biasa dan pulpen, tulisan tangan pun bisa langsung diubah menjadi teks yang dapat diedit.

Pengguna juga dapat menggambar dengan aneka warna. Tebal coretan akan berubah sesuai dengan tekanan yang diberikan sehingga memberikan senasi seolah-olah menggunakan pena sungguhan di atas kertas.

Alat presisi untuk kreasi dan produktivitas

Di samping untuk menulis dan menggambar, pena S Pen juga dapat membantu pengguna melakukan hal-hal lain dalam bekerja dan berkreasi, baik mengetik, membuat konten untuk posting di media sosial, maupun editing video.

Aktivitas yang membutuhkan aksi presisi seperti menyeleksi teks, menambahkan detil di gambar, hingga mengatur durasi klip dan transisi di video editor teras lebih mudah dengan S Pen ketimbang ujung jari.

Sebab, ujung pena S Pen memang jauh lebih kecil dibandingkan jari sehingga bisa lebih akurat dalam mengenai obyek yang diinginkan di layar.

Bobot Galaxy Tab S7 FE 5G yang sebesar 600 gram bisa membuat pegal apabila terus menerus dipegang dengan satu tangan, sementara tangan lainnya sibuk mencorat-coret dengan S Pen.

Solusinya, pengguna dapat menaruh tablet ini di meja. Bisa juga memakai Book Cover Keyboard yang sekaligus menopang layar. tanpa perlu disokong oleh tangan.

Proses bekerja dan berkreasi dipermudah oleh ukuran layar Galaxy Tab S7 FE 5G yang mencapai 12,4 inci (TFT, 2.560 x 1.600 piksel, 16:10, 60 Hz) atau nyaris menyamai ukuran laptop.

Dengan ukuran dan resolusi sebesar itu, semua elemen visual bisa ditampilkan dengan jelas di layar, bahkan ketika pengguna membuka hingga tiga jendela aplikasi sekaligus dalam mode multitasking di Galaxy Tab S7 FE 5G.

Aneka teks terlhat jelas terbaca tanpa capek-capek memicingkan mata. sementara UI di berbagai aplikasi pun lebih nyaman digunakan karena ukurannya lebih besar.

Dalam beberapa aplikasi, tampilan UI bisa terlihat melar alias terlalu besar. Namun ini lebih karena keterbatasan aplikasi tersebut yang kurang dimaksimalkan untuk tablet Android seperti Galaxy Tab S7 FE 5G.

Antarmuka One UI 3.1 (Android 11) di Galaxy Tab S7 FE 5G sendiri sudah optimal memanfaatkan luas area layar, seperti terlihat dalam menu Settings yang langsung menampilkan parameter pengaturan secara bersebelahan.

Ukuran Galaxy Tab S7 FE 5G sekaligus memungkinkan Samsung menyematkan baterai berkapasitas besar pula, mencapai 10.090 mAh. Menurut Samsung, daya tahannya mencapai 13 jam jika digunakan untuk playback video 720p secara terus menerus.

Galaxy Tab S7 FE 5G datang dengan charger 15 watt. Namun, tablet ini sebenarnya mendukung fast charging dengan daya hingga 45 watt. Pengguna pun bisa melakukan pengisian baterai dengan lebih cepat apabila memiliki charger dengan keluaran daya lebih besar.

Samsung Galaxy Tab S7 FE 5G sudah tersedia di berbagai channel penjualan online maupun offline dengan harga Rp 9.499.000. Khusus pembelian di Samsung.com tersedia bonus gratis bookcover keyboard senilai Rp 1.899.000 untuk periode pembelian 1-24 November 2021.

https://tekno.kompas.com/read/2021/11/09/20020067/manfaat-stylus-di-galaxy-tab-s7-fe-5g-journaling-edit-video-hingga-oprek-canva

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke