Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

PUBG New State Sudah Bisa Dimainkan, Ini Bedanya dengan PUBG Mobile

PUBG: New State sendiri merupakan game battle royale kedua dari Krafton yang dibuat untuk perangkat mobile. Game ini hadir secara terpisah dari PUBG Mobile yang populer dimainkan sejak Desember 2017 lalu.

Sebagai game versi terbaru dari PUBG Mobile, tak heran jika game ini turut membawa sejumlah peningkatan dari segi grafis.

PUBG: New State masih mempertahankan beberapa aspek dari game PUBG Mobile. Seperti pilihan senjata yang tersedia, hingga antarmuka.

Namun, PUBG: New State juga membawa sejumlah hal baru yang tidak dimiliki PUBG Mobile. Lantas, apa perbedaan antara PUBG: New State dan PUBG Mobile?

Berdasarkan pengamatan KompasTekno, terdapat setidaknya empat perbedaan di antara PUBG: New State dan PUBG Mobile. Selengkapnya sebagai berikut.

Peningkatan tersebut turut disertai dengan animasi gerakan karakter yang lebih mulus, serta antarmuka yang sudah diperbaharui.

PUBG: New State juga menyajikan animasi efek tembakan yang mengeluarkan efek berwarna hiijau apabila mengenai tubuh lawan, alih-alih merah.

Pengguna dapat mengubah pengaturan efek animasi ini dengan mengakses menu Settings > Special Effects. Selanjutnya, pilih warna merah pada opsi Hit effect dan Damage effect.

Troi, peta baru dengan setting masa depan

PUBG: New State menghadirkan sebuah peta (map) eksklusif bernama Troi.

Peta ini mengusung setting waktu di masa depan, tepatnya pada tahun 2051, saat peradaban manusia dan teknologi sudah semakin maju.

Troi memiliki luas 8 km x 8 km, setara dengan luas peta Erangel dan Miramar di PUBG Mobile. Di dalamnya terdapat sejumlah lokasi yang bisa menjadi arena pertempuran, masing-masing dengan karakteristik berbeda. 

Lokasi bernama Exhibit Hall yang terletak di tengah-tengah peta, misalnya, memiliki bentuk yang menyerupai stadion olahraga, dengan atap melingkar dan area terbuka di bagian tengah.

Kemudian ada Mall yang berbentuk pusat perbelanjaan, lengkap dengan eskalator yang berfungsi sehingga bisa mempercepat atau memperlambat laju pemain yang berlari di atasnya, tergantung arah gerak.

Laboratory menyuguhkan arena pertempuran indoor yang dikelilingi kaca tahan peluru. Pemain pun bisa saling melihat, tapi tak bisa menyerang di bererapa area.

Sementara itu, Trailer Park merupakan sebuah lokasi yang disesaki oleh bangkai bunker dan mobil karavan. Terdapat sebuah lintasan yang bisa dilewati oleh mobil atau motor untuk melesat kabur apabila terdesak.

Selain Troi, pemain juga bisa bermain di peta Erangel 2051. Peta ini mengusung nama lokasi dan susunan arena pertempuran yang sama persis dengan peta Erangel di PUBG Mobile.

Mode Battleground dapat dimainkan di peta Troi dan Erangel 2051, sementara Deathmatch tersedia di peta Station.

Pemain dapat latihan membidik hingga mengenal jenis senjata melalui mode Training Ground.

Mode yang terdapat pada PUBG: New State terlihat serupa dengan PUBG Mobile. Bedanya, pemain akan menjumpai fitur baru bernama Drone Store.

Drone Store merupakan sebuah toko yang menyediakan beragam item-in game seperti Flare Gun, Scout Drone, Medkit, Bandage, Gas Can, hingga beragam jenis Ammo.

Melalui Drone Store, pemain bisa membeli item saat bermain, asalkan memiliki jumlah Drone Credits yang mencukupi.

Lalu apa itu Drone Credits? Drone Credits merupakan sebuah mata uang yang bisa digunakan pada Drone Store.

Drone Credits dapat ditemukan secara acak di seluruh lokasi atau diambil secara paksa dari pemain lain yang sudah dikalahkan.

Yang menarik, pemain bisa membeli Scout Drone, yakni sebuah drone pengintai yang bisa digunakan untuk mengawasi keadaan sekitar.

Dengan Scout Drone, pemain bisa bersembunyi dan menunggu (camping) sambil memantau musuh yang ada di sekitar.

Krafton juga menyediakan fitur baru yang memungkinkan pemain untuk dapat menyembuhkan diri saat sedang berenang di dalam air.

Spesifikasi minimum

Pemain PUBG: New State disarankan untuk menyiapkan perangkat dengan spesifikasi yang lebih tinggi dibanding PUBG Mobile.

Hal ini tidak mengherankan, mengingat PUBG: New State membawa peningkatan kualitas grafis dan gameplay.

Dari segi ukuran, pemain harus menyiapkan memori penyimpanan setidaknya 2 GB untuk bisa mengunduh PUBG: New State.

PUBG: New State dapat diunduh dengan ukuran 1,44 GB. Setelah masuk ke dalam game, pemain juga akan diminta untuk mengunduh file tambahan sebesar 232,5 MB.

Berikut merupakan spesifikasi minimum yang harus dipenuhi pemain apabila hendak memainkan game PUBG: New State, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari situs resmi Krafton, Jumat (12/11/2021).

  • Sistem operasi: Android OS 6.0 / iOS 13.0
  • RAM: 2 GB atau lebih tinggi / iPhone 6s atau yang lebih baru

Sementara spesifikasi ponsel yang disarankan agar bisa menjalankan PUBG Mobile adalah sebagai berikut:

  • Sistem operasi: Android 5.1 / iOS 9.0
  • RAM: 2 GB / iPhone 5s, iPad 2, atau yang lebih baru
  • Storage: 2 GB
  • Prosesor: Snapdragon 425 atau lebih tinggi

KompasTekno mencoba memainkan PUBG: New State pada dua perangkat yang berbeda, yakni menggunakan Xiaomi Mi 10 dan Xiaomi Redmi Note 8.

Sebagai informasi, Mi 10 memiliki spesifikasi yang mencakup RAM 8 GB, memori penyimpanan 256 GB dan ditenagai oleh chip Snapdragon 865.

Sedangkan spesifikasi Redmi Note 8 mencakup chip Snapdragon 665, RAM 4 GB dan storage 64 GB.

Alhasil, Mi 10 mampu menjalankan PUBG: New State pada pengaturan grafis Ultra dan frame rate Ultra.

Pergerakan animasi terasa mulus dan grafis yang ditampilkan cukup jernih dengan warna yang cukup tajam.

Sementara itu, Redmi Note 8 juga mampu menjalankan grafis mentok pada setting Ultra. Hanya saja, pengaturan frame rate maksimum hanya mampu mencapai opsi Very High.

Saat dicoba, Redmi Note 8 mampu menjalankan PUBG: New State dengan cukup lancar. Tidak ada stuttering di sepanjang permainan.

Tampilan visual yang ditawarkan terlihat jelas, meski sedikit lebih kasar dan tidak semulus tampilan di Mi 10. 

https://tekno.kompas.com/read/2021/11/12/10180087/pubg-new-state-sudah-bisa-dimainkan-ini-bedanya-dengan-pubg-mobile

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke