Salin Artikel

Sebelum Meluncur, Ini Sejumlah Tes yang Dijalani Oppo A95

Pada kesempatan ini, Oppo Indonesia membeberkan serangkaian fitur yang akan dibawa oleh Oppo A95, salah satunya dari segi ketahanan bodi smartphone.

PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto menjelaskan bahwa Oppo A95 telah melewati beragam pengujian kualitas, terutama dari segi material dan komponen yang digunakan.

Menurut Aryo, rangkaian pengujian ini diperlukan agar Oppo A95 bisa bertahan dalam penggunaan sehari-hari.

"Banyak smartphone yang beredar di pasaran saat ini, namun tidak banyak yangg berani untuk memberikan performa tertinggi dalam perakitannya," kata Aryo di acara Oppo A95 Performance Day di Jakarta, Senin (15/11/2021).

"Jadi Oppo A95 selain memberikan sertifikasi IPX4, kita juga memiliki banyak tes ketahanan yang akan mensimulasikan pemakaian sehari-hari," lanjut Aryo.

Aryo turut mengungkap jajaran tes yang dilakukan pada Oppo A95. Beberapa di antaranya termasuk tes radiasi UV, keamanan pengisian daya, dan juga uji ketahanan masa pakai.

Pada tahap tes radiasi, sebagian bodi Oppo A95 akan diterangi oleh sinar UV selama 96 jam, sementara bagian lainnya tidak ikut dipaparkan.

Hasilnya, tidak ada perubahan fisik antara bagian bodi yang diterangi oleh sinar UV, dengan bagian lain yang terlindungi. Menurut Aryo, tes ini dilakukan untuk membuktikan bahwa Oppo A95 memiliki daya tahan atau daya pakai yang cukup lama.

Sementara itu, Oppo juga melakukan tes keamanan pengisian daya untuk mengukur suhu smartphone selama sedang dalam kondisi charging.

Pengujian ini membuktikan bahwa Oppo A95 telah mendukung fitur pengisian daya dingin (cool charging) yang diklaim mampu menjaga suhu adapter dan smartphone dari suhu panas yang berlebihan.

"Ketika melakukan pengisian daya dalam waktu yang cukup lama, keduanya tidak akan menimbulkan panas yang berlebihan," lanjut Aryo.

Aryo juga menjelaskan bahwa Oppo A95 telah melewati 150.000 kali uji tekan tombol Volume yang diklaim mampu digunakan hingga 8,2 tahun lamanya.

Beberapa uji coba ekstrem lain yang juga telah lolos dijalani pada Oppo A95 termasuk uji jatuh perangkat dari ketinggian 10 cm selama 28.000 kali, dan pengujian 14 hari di bawah suhu tinggi 65 derajat Celcius, dan kelembapan 90 persen RH.

Ada pula uji coba tes plug-in dan plug-out pada jack earphone 3,5 mm yang dilakukan sebanyak 10.000 kali, dan tes tekan untuk tombol Power On/Off sebanyak 500.000 kali.

Oppo A95 mampu bertahan dalam tes pengisian USB plug-in dan plug-out charger yang dilakukan sebanyak 20.000 kali.

Bocoran spesifikasi

Dari sektor dapur pacu, menurut Aryo, Oppo A95 telah dilengkapi dengan performa yang mumpuni.

Oppo A95 menyediakan fitur RAM Expansion yang dinilai mampu memperluas kapasitas RAM 8 GB milik perangkat, hingga 13GB.

Dari cara kerjanya, RAM Expansion mengandalkan sebagian kapasitas ROM diubah menjadi RAM virtual.

Selain itu, smartphone ini juga menyertakan fitur System Booster untuk mengoptimalkan sistem agar ponsel bisa berjalan lancar.

Untuk ketersediaan, Oppo A95 akan resmi dirilis di Indonesia mulai 18 November mendatang.
Apabila tertarik, peminat diwajibkan untuk membeli voucher senilai Rp 100.000 pada aplikasi Oppo Store atau melalui rekanan e-commerce.

Kode voucher tersebut nantinya akan dipakai untuk membeli Oppo A95 pada 18-25 November 2021. Perlu diperhatikan bahwa harga Oppo A95 yang akan dibayarkan sudah terpotong voucher senilai Rp 100.000.

Peminat yang melakukan pre-order juga akan mendapatkan benefit berupa A95 Audio ball senilai Rp 399.000.

https://tekno.kompas.com/read/2021/11/15/19030027/sebelum-meluncur-ini-sejumlah-tes-yang-dijalani-oppo-a95

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.