Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Samsung Galaxy S21 Series Mulai Kebagian Android 12

Selain merilis Android 12 untuk Galaxy S21 series, Samsung juga memberi pembaruan software untuk jajaran smartwatch seperti Galaxy Watch, Galaxy Watch Active, Galaxy Watch Active 2, dan Galaxy Watch 3.

Ke depannya, Samsung berjanji untuk membawa Android 12 ke beberapa perangkat lainnya, seperti Galaxy S20 series, S10 series, Galaxy Note 20 series, Note 10 series, Galaxy A, hingga Galaxy Tab S7 series, setidaknya hingga beberapa bulan mendatang.

"Kami berkomitmen untuk memberikan akses pengalaman penggunaan smartphone terbaik sesegera mungkin kepada semua pengguna," ungkap Janghyun Yoon, Executive Vice President and Head of Software Platform Team at Mobile Communications Business, Samsung Electronics, dikutip KompasTekno dari Gadgets360, Selasa (16/11/2021).

Kehadiran Android 12 membawa sejumlah peningkatan dan atribut baru, salah satunya seperti bahasa desain antarmuka (UI) bernama Material You.

Material You sendiri merupakan versi pengembangan terbaru dari bahasa desain Material Design yang sudah diperkenalkan Google sejak perilisan Android 5.0 Lollipop dan terus dikembangkan dari tahun ke tahun.

Ada pula fitur privasi baru Privacy Dashboard yang diklaim mampu memberikan pengguna lebih banyak transparansi dan kontrol terhadap data pribadi mereka.

Sementara itu, One UI turut membawa perombakan visual secara besar-besaran. Beberapa di antaranya ditandai dengan kehadiran Widget baru serta stiker dan GIF tambahan yang bisa diakses melalui Samsung Keyboard.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Tom's Guide, pengguna Galaxy S21 series yang ingin mengunduh One UI 4 disarankan untuk mengecek pembaruan software melalui menu "Settings" > "System".

Apabila pembaruan tersebut sudah tersedia, pengguna bisa menekan tombol "Download and Install" untuk segera mengunduh dan memasang pembaruan software antarmuka One UI 4.

https://tekno.kompas.com/read/2021/11/16/09050087/samsung-galaxy-s21-series-mulai-kebagian-android-12

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke