Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Video Feed dan IGTV Dilebur Jadi Instagram Reels, Indonesia Kebagian Pertama

Uji coba ini akan dilakukan selama beberapa bulan di Indonesia. Tujuannya untuk mempermudah pengguna dan kreator konten untuk membuat dan menemukan konten video pendek di Instagram.

Selama ini, Instagram memang memiliki banyak format video di platformnya, yaitu Instagram Stories, video feed, Instagram TV (IGTV), dan Reels.

Dalam uji coba ini, Country Director untuk Meta di Indonesia Pieter Lydian mengungkapkan format video singkat yang akan secara otomatis diubah menjadi konten Reels adalah video feed dan IGTV yang durasinya kurang dari 15 menit.

"Bila lebih dari 15 menit, video akan tetap dalam format IGTV," kata Pieter dalam acara konferensi pers daring bertajuk "GerakanReels", Rabu (17/11/2021).

Pieter melanjutkan, uji coba ini dilakukan untuk mempermudah para kreator ketika membuat konten video di Instagram.

"Dengan peleburan ini, mereka tidak perlu repot dan bingung lagi memutuskan, apakah harus membuat Reels atau video feed, atau IGTV," kata dia.

Di samping itu, kata Pieter, uji coba peleburan format video singkat menjadi Reels ini juga diharapkan dapat mempermudah pengguna menemukan dan menjelajahi video pendek di Instagram.

Video feed dan IG TV bakal muncul di Tab Reels

Communication Manager Instagram Asia Pasific Putri Silalahi turut menjelaskan, saat dilebur menjadi konten Reels, video feed dan Instagram TV berdurasi kurang dari 15 menit tidak hanya bakal muncul di feed pengguna saja, namun juga bakal ikut ditampilkan di tab Reels yang ada di beranda Instagram.

"Ini dapat memperbesar peluang video feed dan IG TV untuk dilihat oleh lebih banyak orang lagi di Instagram," kata Putri yang turut hadir dalam acara yang sama.

Ia menegaskan, peleburan format video singkat ini sifatnya hanya uji coba. Di samping itu, uji coba ini tidak berlaku untuk format Instagram Stories dan video Instagram Live.

"Uji coba ini hanya dilakukan di Indonesia dan Jepang karena melihat angka pertumbuhan Reels yang bergerak dengan cepat," kata Putri.

Durasi Reels bawaan tetap 1 menit

Direktur Program Hiburan untuk Meta di Indonesia Revie Sylviana menjelaskan peleburan format ini tidak serta merta membuat durasi bawaan Reels menjadi 15 menit.

"Tidak, kalo bikin video Reels melalui Reels camera yang ada di Instagram, itu durasi itu hanya sampe 60 detik alias 1 menit," kata Revie saat hadir dalam konferensi #GerakanReels.

Yang berbeda, saat uji coba kali ini, tab Reels tidak hanya akan menampilkan konten yang dibuat melalui Reels kamera saja, tapi juga digabungkan dengan semua video Instagram yang durasinya di bawah 15 menit.

https://tekno.kompas.com/read/2021/11/17/16360047/video-feed-dan-igtv-dilebur-jadi-instagram-reels-indonesia-kebagian-pertama

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke