Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

WhatsApp Siapkan Tombol Reaksi Pesan Mirip Facebook

Fitur Reactions ini mirip seperti yang ada di Facebook. Ada beberapa reaksi yang bisa dipilih untuk menanggapi pesan yang dikirim di WhatsApp, yakni berupa jempol, hati, emoji tertawa, terkejut, menangis, serta emoji dua tangan menyatu.

Bocoran soal kehadiran fitur Reactions alias memberi reaksi pada pesan WhatsApp sendiri sudah muncul pada Agustus lalu, sebagaimana dilaporkan oleh WABetaInfo yang dikenal sering membocorkan calon fitur baru WhatsApp sebelum resmi hadir.

Salah satu perangkat milik KompasTekno yang mengikuti program WhatsApp Beta juga sempat kebagian menjajal fitur reaksi pesan pada akhir Oktober lalu.

Bersamaan uji coba fitur reaksi tersebut, WhatsApp dilaporkan juga menyiapkan fitur Reaction Notifications. Fitur ini berguna untuk memberi notifikasi saat pesan yang dikirim mendapat reaksi dari pengguna lain.

Hal ini terungkap dari laporan terbaru WABetaInfo . Fitur Reaction Notification muncul dalam pembaruan WhatsApp beta untuk Android versi 2.21.24.8.

Dari tangkapan gambar yang disertakan WABetaInfo, fitur Reaction Notification bakal tersedia di bawah pengaturan "Notification".

Ketika fitur diaktifkan, pengguna akan dapat menerima notifikasi dari setiap reaksi yang didapat dari pesan yang dikirimkan pengguna, baik di chat individu maupun grup.

Sayangnya, fitur ini baru diuji coba kepada pengguna WhatsApp beta saja. Belum diketahui kapan fitur ini bakal tersedia untuk pengguna umum.

Ketika itu, pesan dan gambar yang masuk di ruang obrolan bisa diberikan reaksi, seperti di Facebook dan Instagram Stories.

Untuk bisa memberikan reaksi, pengguna hanya perlu mengetuk dan menahan chat yang ingin diberikan reaksi selama beberapa waktu. Nantinya, akan muncul sebuah baris emoji.

Pantauan KompasTekno emoji reaksi yang tersedia dapat merepresentasikan rasa setuju, suka, tertawa, terkejut, sedih, dan terima kasih.

Namun, fitur Reactions tersebut sudah menghilang dari aplikasi WhatsApp beta.

Menurut laporan WABetaInfo sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (21/11/2021), WhatsApp "tak sengaja" mengaktifkan fitur Reactions tersebut dan langsung menghapusnya dari WhatsApp beta untuk Android versi 2.21.22.7.

Belum diketahui pula kapan fitur reaksi pesan ini bakal digulirkan WhatsApp ke seluruh penggunanya. Kita tunggu saja.

https://tekno.kompas.com/read/2021/11/22/15080087/whatsapp-siapkan-tombol-reaksi-pesan-mirip-facebook

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke