Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hari Guru Jadi Google Doodle, Ini Sejarah 25 November Jadi Hari Guru Nasional

Lebah besar itu kemungkinan merepresentasikan seorang guru yang sedang membimbing anak didiknya, sesuai dengan tema Google Doodle hari ini yang ikut merayakan Hari Guru Nasional.

Google Doodle Hari Guru Nasional tampak semakin menggemaskan karena dipulas dengan warna-warna yang ceria. Seperti diketahui, setiap tanggal 25 November, Indonesia memperingati Hari Guru Nasional.

Hari Guru

Hari Guru Indonesia ditetapkan melalui Keputusan Presiden No 78 Tahun 1994. Keppres ini menetapkan berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) sekaligus sebagai Hari Guru Nasional.

Menurut sejarahnya, organisasi PGRI berawal dari Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) yang berdiri sejak tahun 1912.

PGHB adalah bentuk dari perjuangan para guru pribumi di masa Belanda yang beranggotakan Guru Bantu, Guru Desa, Kepala Sekolah, dan Penilik Sekolah.

Biasanya, guru yang tergabung dalam PGHB bertugas di Sekolah Desa dan Sekolah Rakyat Angkatan Dua.

Organisasi PGHB didirikan untuk mendorong para guru pribumi memperjuangkan persamaan hak dan posisi dengan pihak Belanda.

Kemudian, pada 1932, PGHB berubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI). Namun, saat masa kependudukan Jepang, PGI dilarang melakukan aktivitas, karena segala jenis organisasi dilarang saat itu.

Barulah setelah Indonesia merdeka pada tahun 1945, Kongres Guru Indonesia diadakah pada 24-25 November di Surakarta.

Di kongres itulah, dibentuk PGRI untuk mewadahi seluruh guru di Indonesia. Karena itulah, Hari Guru ditetapkan pada 25 November di Indonesia setiap tahunnya.

Selamat Hari Guru untuk seluruh pendidik di Indonesia!

https://tekno.kompas.com/read/2021/11/25/06281947/hari-guru-jadi-google-doodle-ini-sejarah-25-november-jadi-hari-guru-nasional

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke