Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

RRQ Lemon Ungkap Gaji Atlet E-Sports Mobile Legends, Bisa Dapat Miliaran Rupiah dari Turnamen

Namun, selain dari memenangkan kompetisi, seorang atlet e-sports, atau orang biasa yang gemar bermain game, ternyata bisa mendapatkan penghasilan dari sumber lain. 

Hal itu diungkapkan seorang atlet e-sports dari game Mobile Legends, Muhammad Ikhsan, dalam sebuah sesi bincang-bincang yang dikemas dalam sebuah video podcast bersama YouTuber kenamaan, Deddy Corbuzier.

Ikhsan sendiri lebih banyak dikenal dengan nama panggung "Lemon" atau "RRQ Lemon" dari tim RRQ Hoshi.

"(Zaman) sekarang berbeda. Kini orang bisa mendapatkan uang dari bermain game, menjadi streamer, kreator konten, dan lain-lain," kata RRQ Lemon, dikutip KompasTekno dari kanal YouTube Deddy Corbuzier, Jumat (26/11/2021).

Di samping turnamen atau "bonus" dari melakukan live streaming, sponsor, dan lain sebagainya, penghasilan seorang pemain e-sports, lanjut Lemon, juga bisa didapatkan dari manajemen atau tim yang menaungi si pemain itu sendiri.

"Kalau masuk tim e-sports, itu sudah ada kontraknya, dan sudah digaji (per bulan), dan (mendapatkan) segala macam hal lainnya," imbuh RRQ Lemon.

RRQ Lemon, tidak mengumbar berapa besaran gaji yang ia dapatkan per bulan dari pihak manajemen. Namun, ia menyebut jumlahnya cukup besar.

"Lumayan besar (gajinya) kalau hitungan di Indonesia. Besarannya berbeda-beda setiap pemain berdasarkan faktor kemampuan mereka, serta tingkat popularitasnya," klaim Lemon.

Ia mencontohkan hal itu melalui kompetisi e-sports Mobile Legends Profesional League Indonesia (MPL ID) Season 8 yang digelar beberapa waktu lalu.

Menurut dia, besaran uang yang didapatkan bakal bergantung pada jumlah poin yang diperoleh suatu tim di MPL ID Season 8.

Kemudian, apabila memenangkan suatu pertandingan MPL ID Season 8, maka tim yang menang juga bakal mendapatkan uang, tanpa harus menunggu kompetisi e-sports tersebut selesai.

"Lumayan, (bisa puluhan juta) kalau menang pertandingan (di MPL ID Season 8), misalnya 2-0, dan sebagainya," jelas Lemon.

"Kalau memenangkan turnamen, itu bisa dapet ratusan juta dari total hadiah atau prize pool," imbuh Lemon.

Di ajang M3 World Championship sendiri, yang merupakan kompetisi terbesar skala dunia di game Mobile Legends, tim yang menang, menurut Lemon, bisa mendapatkan hadiah miliaran rupiah. 

Diketahui, kompetisi e-sports yang bakal digelar pada 6-19 Desember mendatang itu memiliki total hadiah 800.000 dolar AS atau sekitar Rp 11,4 miliar.

"Kalau menang dapat Rp 2 miliar mungkin (dari Rp 11,4 miliar)," tutur Lemon.

Meski demikian, uang miliaran rupiah itu biasanya dibagi-bagi antar pemain. Ini merupakan satu hal yang bisa dibilang wajar karena pemain profesional di bidang game biasanya berada di bawah satu manajemen e-sports.

"Iya, seharusnya ada besaran pembagiannya," kata Lemon.

"Awalnya sempat kuliah, lalu main Mobile Legends (ternyata) lebih menghasilkan," tutur Lemon.

Sejak itu, Lemon lantas fokus untuk menjadi pemain profesional berdasarkan minatnya, serta mencoba menjadikan kegiatan yang ia gemari tersebut sebagai ladang penghasilan.

"Uang saya jadikan motivasi untuk menang (turnamen). Main game itu sebenarnya sudah passion dan kegemaran saya, sehingga saya senang (melakukannya) dan uang itu hanya sebagai bonus," ucap Lemon.

Rencananya, Lemon akan terus aktif di dunia e-sports dalam beberapa waktu ke depan, setidaknya hingga ia berhasil sukses dan mendapatkan apa yang ia inginkan.

"Kalau uang saya sudah banyak, mungkin saya akan berhenti (jadi pemain profesional)," pungkas Lemon.

https://tekno.kompas.com/read/2021/11/26/13330847/rrq-lemon-ungkap-gaji-atlet-e-sports-mobile-legends-bisa-dapat-miliaran-rupiah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke