Salin Artikel

Qualcomm Resmi Umumkan Snapdragon 8 Gen 1, Bukan Snapdragon 898

Seperti diumumkan Qualcomm pekan lalu, chipset ini menjadi chipset pertama dari Qualcomm yang menggunakan nomenklatur penamaan baru yang lebih sederhana, yakni terdiri dari satu digit angka di depan yang diikuti nomor generasi.

Chipset ini juga merupakan penerus dari Snapdragon 888 yang dirilis pada Desember 2020 lalu.

Sesuai namanya, Snapdragon 8 Gen 1 masuk dalam jajaran chipset seri 800 (sekarang seri 8) Qualcomm yang digunakan di smartphone flagship hingga premium.

Sebagai generasi terbaru, Snapdragon 8 Gen 1 membawa sejumlah peningkatan dibandingkan Snapdragon 888. Chipset terbaru ini dijanjikan bakal menghadirkan pengalaman baru pada perangkat Android pada ponsel kelas atas generasi berikutnya.

"Teknologi ini memberikan pengalaman konektivitas, fotografi, AI, game, suara, dan keamanan yang belum pernah ada di smartphone," kata Alex Katouzian selaku Senior Vice President and General Manager of Mobile, Compute, and Infrastructure, Qualcomm, sebagaimana dimuat dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Rabu.

Sebagai chipset teranyar dan teratas, Snapdragon 8 Gen 1 bakal menjadi otak dari beragam ponsel kelas atas dari berbagai vendor smartphone.

Adapun vendor yang siap mengadopsi chipset ini termasuk Black Shark, Honor, iQOO, Motorola, Nubia, OnePlus, Oppo, Realme, Sharp, Sony Corporation, Vivo, Xiaomi, dan ZTE.

Ponsel flagship yang diotaki Snapdragon 8 Gen 1 diharapkan hadir pada akhir tahun 2021.

Chipset ini juga menjadi chipset pertama Qualcomm yang dibangun di atas fabrikasi 4nm.

Meski tak memberikan nomor seri spesifik, Snapdragon 8 Gen 1 dilengkapi dengan CPU Kyro (8 inti) baru.

CPU itu ditemani chip grafis baru yang diklaim menghadirkan rendering grafis 30 persen lebih cepat serta efisiensi daya 25 persen lebih baik dibandingkan dengan GPU Adreno pada Snapdragon 888.

Secara umum, Snapdragon 8 Gen 1 menawarkan kinerja hingga 20 persen lebih baik dan efisiensi daya hingga 30 persen lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya, sebagaimana dihimpun dari The Verge.

Fitur Unggulan Snapdragon 8 Gen 1

Qualcomm membekali Snapdragon 8 Gen 1 dengan berbagai peningkatan. Dari segi konektivitas 5G, Snapdragon 8 Gen 1 kini dilengkapi dengan modem 5G X65 yang kompatibel dengan mmWave dan sub-6 5G.

Modem RF-System generasi keempat tersebut disebut-disebut sebagai yang pertama di dunia yang dapat mencapai kecepatan unduh 10 Gbps. X65 juga mendukung Wi-Fi dengan kecepatan hingga 3,6 Gbps melalui Wi-Fi 6 dan 6E.

Yang menarik, Qualcomm bekerja sama dengan Sonde Health, menggunakan AI Engine pada chipset ini untuk menganalisis pola vokal pengguna untuk melihat risiko kesehatan yang mungkin dialaminya (asma, depresi, dan COVID-19).

Pada sektor gaming, Snapdragon 8 Gen 1 dilengkapi dengan 50 fitur Snapdrgaon Elite Gaming yang dijanjikan dapat menghadirkan respons yang mulus, tampilan HDR kaya warna, dan kinerja yang tinggi.

Qualcomm juga meningkatkan kemampuan pemrosesan gambar di Snapdragon 8 Gen 1 dengan membekalinya Snapdragon Sight. Snapdragon Sight sendiri mencakup prosesor pengolah gambar atau image signal processor (ISP) Spectra 18-bit yang disebut hadir untuk pertama kalinya di smartphone.

Prosesor gambar Spectra yang baru diklaim mampu 4.000 kali lebih baik dalam menangkap warna, ketajaman, serta rentang dinamis dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Selain itu, Snapdragon Sight memungkinkan kecepatan pengambilan foto atau video hingga 3,2 gigapiksel per detik. Untuk perekaman, prosesor ini memungkinkan perekaman dengan resolusi hingga HDR 8K serta merekam dalam format HDR10+.

Untuk bagian audio, Snapdragon 8 Gen 1 dibekali dengan teknologi Snapdragon Sound dengan codec Bluetooth baru bernama aptX Lossless. Lewat aptX Lossless, Qualcomm menjadikan audio dengan kualitas CD (sering disebut lossless) untuk audio nirkabel lewat Bluetooth 5.2.

Terakhir soal keamanan, Snapdragon 8 Gen 1 dibekali fitur keamanan seperti brankas untuk menjaga data pengguna tetap terlindungi.

Chipset ini juga dilengkapi Qualcomm Secure Processing Unit yang mendukung iSIM, kartu SIM terintegrasi yang membuat pengguna dapat dengan mudah dan aman saat terhubung ke jaringan seluler tanpa kartu SIM.

https://tekno.kompas.com/read/2021/12/01/07590397/qualcomm-resmi-umumkan-snapdragon-8-gen-1-bukan-snapdragon-898

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.