Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Huawei Nova 9 Meluncur di Indonesia, Ini Harganya

Berselang lebih kurang tiga bulan, Huawei resmi memboyong salah satu dari ponsel tersebut, yaitu Nova 9 versi "reguler" ke pasar Indonesia.

Aspek kamera menjadi salah satu nilai jual utama ponsel ini. Country Head of Huawei CBG Indonesia Patrick Ru, mengatakan bahwa kamera di ponsel Nova 9 memiliki kualitas yang baik sehingga mampu diandalkan dalam berbagai kondisi, termasuk keadaan minim cahaya.

Huawei Nova 9 sendiri dibekali dengan empat kamera belakang yang dibenamkan dalam dua sebuah modul. Keempat kamera tersebut diletakkan menjadi dua bagian dalam wadah membulat unik nan besar, di bagian punggung ponsel.

Adapun empat kamera itu terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.9, sensor gambar RYYB), kamera ultrawide 8 MP (f/2.2), kamera macro 2 MP (f/2.4), dan kamera depth sensor 2 MP (f/2.4).

"Kamera ini juga mampu merekam video berkualitas 4K, serta didukung oleh Continuous Front/Rear Recording dan Remote Shutter, yang menawarkan beragam cara bagi pengguna dalam membuat video berkesan," kata Patrick dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Kamis (9/12/2021).

Sementara fitur perekaman Dual-View Video memungkinkan ponsel Nova 9 menampilkan perekaman video dari kamera depan sekaligus kamera belakang langsung dalam satu layar yang sama.

Tampilan Dual-View Video berbentuk split-screen 1:1, di mana di sebelah kiri layar menampilkan video dari kamera depan, sementara layar kanan menampilkan video dari kamera belakang.

Spesifikasi layar, chipset, dan baterai

Beralih ke desain ponsel, Nova 9 hadir dengan ketebalan 7,77 mm. Sementara bobot ponsel ini adalah 175 gram.

Untuk layarnya, Huawei Nova 9 dibekali layar berdesain curved dengan panel OLED berukuran 6,57 inci.

Layar tersebut mendukung resolusi Full HD Plus (2.340 x 1.080 piksel), refresh rate 120 Hz, serta touch sampling rate 300 Hz. Layar ponsel ini disebut mampu menampilkan 1 miliar warna.

Di bagian tengah atas layar terdapat sebuah lubang kecil (punch hole) sebagai rumah dari kamera selfie beresolusi 32 MP (f/2.0).

Seperti kamera belakang, kamera depan ponsel ini juga dapat merekam video hingga resolusi 4K.

Chipset tersebut dipadukan dengan satu kombinasi memori saja, yakni RAM 8 GB dan penyimpanan media 256 GB.

Pada aspek software, ponsel ini menjalankan sistem operasi EMUI 12. Seperti beberapa model smartphone Huawei sebelumnya, Nova 9 juga tidak lagi dibekali layanan dan aplikasi Google (Google Mobile Services/GMS).

Artinya, pengguna Huawei Nova 9 tidak dapat menggunakan aplikasi Gmail, YouTube, Google Maps, dll, secara bawaan.

Sebagai gantinya, Huawei mengandalkan ekosistem buatan sendiri yang bernama Huawei Mobile Services (HMS) dengan toko aplikasi beranama Huawei AppGallery.

Untuk dayanya, Huawei Nova 9 ditopang baterai berkapasitas 4.300 mAh dengan dukungan pengisian cepat (fast charging) 66 watt.

Huawei mengklaim baterai ini bisa terisi 60 persen dalam waktu 18 menit atau terisi penuh dalam waktu 38 menit.

Harga dan ketersediaan

Di Indonesia, Huawei Nova 9 hanya hadir dalam satu warna yaitu Starry Blue. Untuk harganya, ponsel ini dijual dengan banderol Rp 7.599.000.

Konsumen yang berminat bisa membeli ponsel ini dengan mengikuti sesi pemesanan (pre-order) pada 8-17 Desember 2021 di sejumlah marketplace rekanan Huawei Indonesia.

https://tekno.kompas.com/read/2021/12/09/10050027/huawei-nova-9-meluncur-di-indonesia-ini-harganya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke