Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Qualcomm Rilis 2 Chip Baru untuk PC dan Laptop Windows

KOMPAS.com - Selain dipakai untuk memperkenalkan chipset terkuatnya Snapdragon 8 Gen 1 untuk smartphone kelas atas, ajang Snapdragon Tech Summit juga digunakan Qualcomm untuk menguak dua chip terbarunya untuk segmen PC dan laptop.

Mereka adalah Snapdragon 8cx Gen 3 dan Snapdragon 7c Plus Gen 3. Secara berurutan, kedua chip tersebut merupakan suksesor dari Snapdragon 8cx Gen 2 yang meluncur September 2020 lalu dan Snapdragon 7c Gen 2 yang diperkenalkan Mei 2021.

Kedua chip ini juga menyasar target pasar berbeda. Snapdragon 8cx Gen 3 ditujukan untuk PC atau laptop konvensional di beragam kelas produk yang biasa dipasangi dengan sistem operasi (OS) Windows.

Sementara itu, Snapdragon 7c Plus Gen 3 hadir untuk menunjang performa berbagai PC dan laptop ber-OS Windows berspesifikasi rendah, atau yang menyasar segmen entry-level.

Lantas, bagaimana performa kedua chip terbaru Qualcomm untuk kategori PC dan laptop ini?

Snapdragon 8cx Gen 3 diklaim merupakan chip pertama untuk PC Windows yang dirancang dengan proses fabrikasi 5nm.

Dibanding pendahulunya, Qualcomm menjanjikan peningkatan performa prosesor (CPU) hingga 85 persen, serta peningkatan pengolah grafis (GPU) hingga 60 persen.

Qualcomm juga mengklaim Snapdragon 8cx Gen 3 lebih tangguh dibanding produk buatan kompetitor di segmen yang sama, di mana mereka mengklaim chip teranyar ini memiliki performance per watt 60 persen lebih mumpuni.

Selain performa, Qualcomm turut menekankan bahwa chip terbarunya ini memiliki dukungan konektivitas 5G yang cukup lengkap, di mana vendor perakit komputer (OEM) bisa memilih chip modem yang menyertai Snapdragon 8cx Gen 3, mulai dari Snapdragon X55, X62, atau X65 5G.

Di samping performa dan konektivitas, chip ini juga turut dibekali dengan berbagai peningkatan lainnya di berbagai sektor seperti peningkatan kinerja AI, prosesor pengolah gambar (ISP), serta peningkatan kinerja atau daya tahan baterai.

Spesifikasi lengkap chip Snapdragon 8cx Gen 3 bisa disimak di tautan berikut ini.

Seperti telah disebutkan di atas, Snapdragon 7c Plus Gen 3 khusus ditujukan bagi PC atau laptop yang menyasar segmen entry-level. Walhasil, performa chip ini tentunya tak setangguh "kakaknya", Snapdragon 8cx Gen 3.

Meski demikian, apabila dibandingkan dengan generasi sebelumnya, chip Snapdragon 7c Plus Gen 3 diklaim memiliki peningkatan performa CPU hingga 60 persen dan GPU hingga 70 persen.

Untuk aspek konektivitas, chip ini juga diklaim lebih mumpuni dibanding pendahulunya.

Sebab, Qualcomm turut menyematkan chip modem Snapdragon X53, sehingga pengguna komputer "berotak" Snapdragon 7c Plus Gen 3 bisa menikmati konektivitas 5G untuk pertama kalinya di segmen entry-level.

Spesifikasi lengkap chip Snapdragon 7c Plus Gen 3 bisa disimak di tautan berikut ini.

Rencananya, komputer yang ditenagai dengan chip Snapdragon 7c Plus Gen 3, begitu juga komputer dengan chip Snapdragon 8cx Gen 3, bakal meluncur ke pasar sekitar paruh pertama 2022 mendatang, dirangkum KompasTekno dari Gadgets360, Kamis (9/12/2021).

Qualcomm tidak menyebutkan vendor PC apa saja yang bakal menggunakan chip Snapdragon 8cx Gen 3 dan Snapdragon 7c Plus Gen 3. Kita nantikan saja.

https://tekno.kompas.com/read/2021/12/09/11020047/qualcomm-rilis-2-chip-baru-untuk-pc-dan-laptop-windows

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke