Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bos Instagram Janji Kembalikan Fitur Lama yang Hilang Tahun Depan

KOMPAS.com - Ada kabar baik bagi pengguna yang selama ini mumet dengan tampilan linimasa atau feed Instagram yang ditampilkan berdasarkan algoritma.

Pasalnya, Head of Instagram, Adam Mosseri baru-baru ini mengatakan bahwa pihaknya tengah mempersiapkan sebuah opsi di mana pengguna bakal bisa melihat postingan di feed mereka secara urut berdasarkan waktu unggahnya, alias secara kronologis.

Pernyataan tersebut disampaikan Mosseri dalam sebuah testimoni di depan para senat Amerika Serikat (AS).

Adapun Mosseri dihadirkan di hadapan para senator untuk memberi penjelasan terkait berbagai laporan yang mengklaim bahwa platform media sosial yang dipimpinnya memberikan dampak buruk bagi remaja.

"Kami saat ini tengah menyiapkan fitur Instagram feed yang ditampilkan secara kronologis. Kami berharap fitur ini bakal muncul tahun depan," kata Mosseri kepada Senat AS, ketika ditanya soal ketakutan pengguna seputar algoritma Instagram feed.

Mosseri tidak menjelaskan secara detail kapan fitur tersebut bakal meluncur dan bisa dinikmati pengguna umum secara luas. Namun, ia mengatakan bahwa fitur itu akan diumumkan sekitar awal tahun 2022 mendatang.

"Saat ini, kami memiliki target untuk memperkenalkan fitur postingan Instagram feed yang diurutkan berdasarkan waktu pada kuartal pertama tahun depan," imbuh Mosseri.

Sekadar informasi, Mosseri menyampaikan pernyataan ini di bawah suatu perjanjian di mana ia harus berkata sejujur-jujurnya di depan Senat AS.

Artinya, fitur ini memang sedang dipikirkan dan dikembangkan Instagram, hanya saja memang belum diumumkan ke publik lantaran bakal diumumkan tahun depan.

Terlepas dari janji tersebut, Mosseri juga sempat mengatakan di depan senat AS bahwa pihaknya, selama beberapa tahun terakhir, terus memikirkan bagaimana cara untuk meningkatkan pengalaman menelusuri Instagram feed yang tepat bagi pengguna.

Salah satu yang telah mereka uji coba adalah fitur "Favorites" yang bakal menampilkan postingan Instagram feed berdasarkan orang-orang atau akun teman terdekat yang pengguna pilih, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TechCrunch, Kamis (9/12/2021).

Beralih ke algoritma sejak 2016

Menyoal algoritma Instagram feed sendiri, platform yang berada di bawah naungan Meta -nama baru facebook- itu pertama kali beralih ke mekanisme baru pada 2016 lalu. Sebelumnya, Instagram sempat menggunakan sistem postingan yang ditampilkan secara kronologis.

Langkah ini tidak disambut baik oleh pengguna dan sempat menimbulkan kontroversi, di mana banyak pengguna mengeluh di media sosial macam Twitter dan lain sebagainya.

Meski demikian, Instagram tetap tidak mengubah mekanisme urutan Instagram feed, dengan pertimbangan bahwa algoritma bisa meningkatkan engagement atau komunikasi yang terjadi di Instagram.

Beberapa waktu kemudian, pihak Instagram pun menambah sebuah aturan baru di dalam algoritmanya, di mana pengguna bakal bisa melihat beragam postingan terbaru, tidak hanya terkait dengan pengguna saja.

Namun, tetap saja, tampilan Instagram feed masih tetap berdasarkan algoritma dan hal itu tampaknya belum mampu memuaskan permintaan pengguna.

Walhasil, hingga saat ini, tak sedikit pengguna yang ingin Instagram mengembalikan mekanisme postingan Instagram feed yang kembali ditampilkan secara urut, tentunya berdasarkan waktu unggahnya.

https://tekno.kompas.com/read/2021/12/09/13040067/bos-instagram-janji-kembalikan-fitur-lama-yang-hilang-tahun-depan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke