Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Instagram Dipastikan Bawa Kembali Urutan Posting Berdasar Waktu

Hal itu dilontarkan oleh Head of Instagram, Adam Mosseri saat dengar pendapat dengan senat AS.

"Kami sedang membuat versi feed kronologis yang semoga bisa dirilis tahun depan, pada kuartal pertama 2022," kata Mosseri dikutip KompasTekno dari The Next Web, Jumat (10/12/2021).

Melalui sebuah posting di Twitter, Instagram juga menegaskan algoritma yang baru ini tidak mengusung menggunakan mekanisme lawas, melainkan disalurkan melalui fitur baru.

"Kami ingin memperjelas bahwa kami sedang membuat opsi baru, tidak mengalihkan semua orang kembali ke feed kronologis," tulis pihak Instagram.

Dalam kesempatan yang sama, Instagram turut menyampaikan bahwa pihaknya telah menguji coba fitur "Favorites".

Sesuai dengan namanya, fitur ini diklaim mampu menampilkan postingan Instagram feed berdasarkan orang-orang atau akun teman terdekat yang dipilih oleh pengguna.

"Kami telah bereksperimen dengan Favorit, cara bagi Anda untuk memutuskan pos siapa yang ingin Anda lihat lebih tinggi, dan kami sedang mengerjakan opsi lain untuk melihat pos dari orang yang Anda ikuti dalam urutan kronologis," tulis Instagram.

Instagram pada mulanya memang menyajikan posting dari urutan terbaru. Namun pada 2016 lalu, jejaring sosial berbagi foto dan video itu memutuskan untuk menerapkan algoritma baru.

Setelah itu, platform yang berada di bawah naungan Meta tersebut mendapat banyak keluhan pengguna, karena dinilai "mirip" dengan media sosial lainnya.

Namun, Instagram tidak serta merta menuruti permintaan pengguna, sebab pihaknya menilai bahwa algoritma bisa meningkatkan engagement atau komunikasi yang terjadi di Instagram.

Secara kontradiksi, mantan karyawan Facebook sekaligus whsitleblower, Frances Haugen mendukung upaya pengembalian penyajian posting di feed berdasarkan kronologis.

Menurut Haugen, mekanisme ini diklaim mampu memberantas penyebaran misinformasi (hoaks) dan terjadinya bias algoritma.

"Saya adalah pendukung kuat (mekanisme) urutan berdasarkan kronologis, atau mengurutkan berdasarkan waktu dengan sedikit penurunan akibat spam, karena saya pikir kami tidak ingin komputer memutuskan apa yang kami inginkan," ujar Haugen dihimpun KompasTekno dari Engadget, Jumat (10/12/2021).

Karena dinilai masih belum dapat memuaskan ekspetasi pengguna, Instagram kini akhirnya mencoba untuk mengembalikan mekanisme lawasnya, namun disertai dengan fitur terbaru.

https://tekno.kompas.com/read/2021/12/10/15231277/instagram-dipastikan-bawa-kembali-urutan-posting-berdasar-waktu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke