Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kabar Buruk dari Samsung, Krisis Chip Masih Berlanjut hingga 2022

Chip semikonduktor merupakan salah satu komponen terpenting yang mengotaki berbagai perangkat elektronik, termasuk smartphone.

Jika stok chip terganggu, rantai pasokan komponen perangkat elektronik ke produsen juga bakal terhambat. Ini akhirnya ikut berimbas pada produksi dan harga smartphone.

Sumber yang dekat dengan isu ini mengatakan kepada outlet media The Elec, bahwa masalah kelangkaan chip ini dibahas langsung oleh President dan Head of Mobile Communications Business, Samsung Electronics dalam sebuah pertemuan pada 10 November lalu.

Pertemuan yang turut diikuti oleh para petinggi, termasuk lebih dari 30 eksekutif pemasok komponen utama ponsel Samsung itu membahas rencana bisnis perusahaan untuk 2022.

Pada pertemuan tersebut, para eksekutif mengevaluasi strategi bisnis smartphone Samsung berdasarkan perkiraan keadaan ekonomi global dan tren industri smartphone untuk tahun depan.

Nah, menurut sumber, salah satu agenda utama dalam pertemuan evaluasi bisnis tersebut ialah membahas masalah kelangkaan chip yang telah berlangsung sejak awal 2021 dan berdampak langsung pada Samsung.

Alhasil, Samsung tidak bisa memproduksi smartphone sebanyak yang diinginkan perusahaan. Bahkan, Samsung juga disebut harus menunda peluncuran ponsel Galaxy S21 FE (Fans Edition) gara-gara masalah kelangkaan chip.

Samsung pun meyakini kondisi tersebut masih akan berlanjut pada 2022.

Menurut divisi bisnis Samsung dalam pertemuan tersebut, pasokan chip AP dan RF (Radio Frequency) untuk ponsel Samsung akan sangat terbatas hingga periode paruh kedua (Juli-Desember) 2022.

Karena hal itu, Samsung menyimpulkan bahwa mengamankan pasokan chip akan menjadi poin kunci bagi perusahaan untuk memenuhi target bisnisnya pada tahun 2022.

Sebagai upaya mengamankan pasokan chip tersebut, Samsung dikabarkan akan pro-aktif mendorong skema kontrak tahunan dengan perusahaan manufaktur chip.

Sumber itu turut menyebutkan, divisi bisnis Samsung memutuskan untuk menyimpan stok chip hingga empat minggu, tidak lagi dua minggu seperti yang dilakukan perusahaan saat ini, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Elec, Jumat (10/12/2021).

Dengan begitu, agaknya diharapkan bahwa Samsung bisa memproduksi lini smartphone miliknya sesuai target dan tak terkendala pasokan chip.

https://tekno.kompas.com/read/2021/12/10/19200047/kabar-buruk-dari-samsung-krisis-chip-masih-berlanjut-hingga-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke