Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Cek Apakah Whatsapp Kita Diblokir Orang Lain atau Tidak

KOMPAS.com - WhatsApp menjadi salah satu aplikasi pesan instan yang populer di Indonesia. Fiturnya yang kaya dan mudah digunakan menjadi daya tarik WhatsApp.

Termasuk soal fitur keamanan yang membuat penggunanya bisa merasa lebih aman dan nyaman saat chatting via WhatsApp. Salah satu fitur keamanan yang dimiliki WhatsApp adalah blokir. Fitur ini juga ada di sebagian besar platform perpesanan maupun media sosial.

Sesuai namanya, fitur blokir berguna untuk menghalangi akun WhatsApp lain berkomunikasi dengan pengguna. Biasanya, pengguna memblokir kontak yang kerap mengirim spam atau yang dirasa mengganggu kenyamanannya.

Apabila seseorang memblokir pengguna WhastApp lain, kontak yang diblokir tidak akan menerima notifikasi. Hal itu membuat orang lain tidak lekas sadar bahwa kontaknya telah diblokir.

Walaupun tidak memiliki notifikasi, ada beberapa tanda yang bisa menjadi indikasi awal bahwa seseorang memblokir akun WhatsApp orang lain. Berikut ini cara cek apakah seseorang memblokir WhatsApp kita atau tidak.

1. Perhatikan “last seen” atau status “online” pengguna

Jika Anda ingin mengecek apakah Anda diblokir seseorang atau tidak adalah dengan melihat keterangan “last seen/terakhir dilihat” pada bagian kotak atas obrolan. Lihat pula status "online" di sisi atas apakah muncul atau tidak. Jika status last seen dan online tidak tampak, ada kemungkinan Anda diblokir.

Perlu diingat, beberapa pengguna WhatsApp menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tidak resmi atau disebut dengan WhatsApp Mod (modifikasi). Salah satu aplikasi WhatsApp Mod yang populer adalah WhatsApp GB.

Aplikasi WhatsApp tidak resmi itu bisa diatur untuk menyembunyikan status "last seen" atau "online". Sehingga, apabila akun yang Anda curigai memblokir Anda ternyata menggunakan WhatsApp GB, agaknya perlu menemukan petunjuk lain untuk memastikan.

2. Tidak dapat melihat foto profil

Umumnya, apabila seseorang memblokir akun WhatsApp orang lain, maka orang yang diblokir tidak bisa melihat foto profil orang yang memblokir. Biasanya foto profil tersebut akan berganti dengan foto kosong seperti pengguna baru.

Namun, hal itu perlu dipastikan lagi. Siapa tau, akun tersebut memang sedang tidak memasang foto profil.

Kemungkinan lain, ia mengatur foto profil untuk ditampilkan di kontak saja, atau tidak seorang pun. Seperti diketahui, WhatsApp memiliki fitur untuk menyembunyikan foto profil.

3. Pesan terkirim hanya "centang satu"

Anda dapat mencoba mengecek apakah orang lain memblokir akun WhatsApp Anda dengan cara mengirim pesan ke pengguna tersebut. Apakah chat yang Anda kirim menunjukkan centang satu? Jika iya, kemungkinan Anda telah diblokir.

Namun, bisa jadi saat Anda mengirim pesan, nomor yang bersangkutan sedang tidak tersambung ke internet atau ponsel sedang mati. Bisa juga nomornya sudah tidak aktif. Untuk memastikan, ulangi kirim pesan di lain waktu dengan interval waktu yang cukup lama.

4. Panggilan tidak terhubung

Masih ragu dengan cuma mengirim pesan? Coba lanjutkan pengecekan dengan meneleponnya via WhatsApp. Jika panggilan tidak terhubung atau teralihkan, kemungkinan besar nomor WhatsApp Anda telah diblokir.

Apabila setelah pengecekan Anda mendapati ciri-ciri nomor satu hingga empat, hampir bisa dipastikan bahwa nomor Anda telah diblokir kontak tersebut.

Cara memblokir akun Whatsapp orang lain

Selain mengetahui apakah akun Whatsapp Anda diblokir atau tidak, Anda juga dapat melakukan blokir kepada pengguna yang dirasa cukup mengganggu. Berikut ini cara memblokir akun WhatsApp orang lain:

  • Buka Whatsapp
  • Ketuk “Opsi Lainnya”
  • Ketuk “Setelan”
  • Ketuk Akun
  • Pilih “Privasi”
  • Pilih “Kontak Diblokir”
  • Ketuk “Tambah” di bagian kanan atas
  • Lalu pilih kontak yang ingin Anda blokir

Jika Anda berubah pikiran dan berniat untuk membuka blokir kontaknya, berikut caranya:

  • Buka Whatsapp
  • Ketuk “Opsi Lainnya” atau tanda titik tiga
  • Ketuk “Setelan”
  • Ketuk “Akun”
  • Pilih “Privasi”
  • Pilih “Kontak diblokir”
  • Pilih kontak yang ingin Anda buka blokirnya
  • Ketuk “Buka Blokir (kontak)

Sekarang Anda dan kontak tersebut sudah dapat saling mengirim pesan maupun panggilan seperti sedia kala, dengan catatan, kontak tersebut tidak berbalik memblokir nomor WhatsApp Anda.

https://tekno.kompas.com/read/2021/12/12/15080097/cara-cek-apakah-whatsapp-kita-diblokir-orang-lain-atau-tidak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke