Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Arti TBL, Bahasa Gaul yang Trending di TikTok dan Twitter

KOMPAS.com - Bagi Anda yang aktif menggunakan media sosial (medsos), mungkin belakangan sering menjumpai istilah TBL.

Memang, istilah TBL sempat trending (viral) di beberapa media sosial  seperti TikTok dan Twitter akhir-akhir ini.

Saat artikel ini ditayangkan, tercatat ada sekitar lebih dari 20.000 cuitan TBL berseliweran di Twitter. Tak heran, TBL menjadi salah satu kata yang kerap dijumpai apabila Anda aktif bermain medsos.

Lantas apa arti TBL, dan dari mana asal mula istilah TBL ini muncul?

Sejauh penggunaan kata TBL di medsos, hingga kini belum ada penjelasan yang sahih terkait asal-usul dari kata ini, misal seperti kelompok mana yang awalnya menggunakan TBL.

Namun, berdasar pantauan KompasTekno di TikTok, Selasa (14/12/2021), TBL bisa trending akibat video singkat yang diunggah oleh Rifaldy Pratama sebagai pemilik akun TikTok @bondol.jpg.

Hingga saat ini, video singkat dari Rifaldy tentang TBL sudah ditonton sebanyak 17,3 juta kali di TikTok, dengan 1,9 juta Like. Video ini bermula dari Rifaldy yang menjawab pertanyaan dari salah satu pengguna TikTok, tentang bentuk singkatan kata yang tidak penting.

Dalam video itu, Rifaldy menerangkan apabila salah satu singkatan yang tidak penting adalah TBL. Ia menjelaskan TBL merupakan singkatan kata yang kerap ia gunakan bersama temannya ketika menghadapi kondisi darurat.

Dengan nada yang agak melengking, Rifaldy menyebutkan kata TBL berkali-kali sekaligus kepanjangannya. Dari penyebutan Rifaldy itu, diketahui bahwa TBL merupakan singkatan dari kalimat “Takut Banget Lho”.

“Kalau gue sama noni, TB TB TB.. Takut Banget, terus habis itu ada TBL, TBL TBL..Takut Banget Lho,” kata Rifaldy di video TikTok-nya.

Jadi, ketika Rifaldy dan temannya sedang menghadapi kondisi tertentu yang sekiranya menegangkan, ia akan menggunakan kata TBL. Singkatan dari “Takut Banget Lho” ini, yang disebutnya sebagai salah satu singkatan yang tidak penting tapi sering dipakai.

Sejak video itu trending, Rifaldy terpantau kerap membuat konten serupa di TikTok yang menyebutkan singkatan-singkatan unik, seperti KBL atau “Kaget Banget Lho”.

Selain itu, ia juga kerap membuat konten lucu yang memparodikan gaya populer remaja di tahun 2010.

https://tekno.kompas.com/read/2021/12/14/12330017/ini-arti-tbl-bahasa-gaul-yang-trending-di-tiktok-dan-twitter

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke