Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Status Last Seen WhatsApp Bakal Disembunyikan dari Orang Asing

Kabar terbaru, WhatsApp merombak kebijakan fitur last seen di aplikasinya. WhatsApp dilaporkan akan menyembunyikan status last seen dan online pengguna dari orang asing secara default.

Adapun orang asing yang dimaksud adalah orang yang tidak terdaftar di kontak ponsel pengguna atau orang yang belum pernah berkirim pesan dengan pengguna.

Perombakan status last seen dan online ini terungkap dari tangkapan layar e-mail dari pihak WhatsApp Support, yang dibagikan oleh salah satu warganet di Twitter.

Dalam e-mail tersebut, pihak WhatsApp Support mengungkapkan bahwa perombakan fitur last seen tersebut bertujuan untuk meningkatkan privasi dan keamanan pengguna WhatsApp.

"Kami mempersulit orang yang tidak Anda kenal dan belum pernah berkirim, untuk melihat status last seen dan online Anda," tulis pihak WhatsApp Support.

Perombakan ini hanya berlaku pada orang "asing", tidak berlaku pada teman, keluarga, kolega, atau orang lain yang sudah terdaftar di kontak ponsel pengguna atau sudah pernah berkirim pesan sebelumnya.

Untuk menyembunyikannya, pengguna harus mengubah pengaturan last seen secara manual, yakni dari opsi semua orang (everybody) ke opsi my contact (hanya bisa dilihat oleh kontak saya) atau nobody (tidak bisa dilihat oleh siapapun).

Pengaturan status last seen tersebut bisa diubah melalui "Settings" > "Account" > "Privacy" > "Last seen".

Nah, dengan adanya kebijakan WhatsApp yang baru, status last seen dan online pengguna akan otomatis disembunyikan dari orang asing, meski pengguna mengatur last seen dengan opsi everybody.

WhatsApp dilaporkan tengah menyiapkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan "last seen" dari kontak tertentu di ponselnya.

Pembaruan yang dirumorkan akan dirilis pada 2022 mendatang, WhatsApp disebut bakal menyertakan opsi "My contects except" (kontak saya kecuali) pada pengaturan last seen.

Opsi baru ini memungkinkan pengguna memilih kontak mana saja yang ada di ponselnya yang tidak bisa melihat status last seen WhastApp miliknya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Selasa (14/12/2021).

Opsi tersebut melengkapi tiga pengaturan last seen yang ada saat ini, yakni last seen bisa dilihat oleh semua orang (everybody), bisa dilihat oleh kontak saja (my contacts), dan tidak seorang pun (nobody).

https://tekno.kompas.com/read/2021/12/14/13140037/status-last-seen-whatsapp-bakal-disembunyikan-dari-orang-asing

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke