Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Find N, Ponsel Lipat Pertama Oppo Resmi Meluncur, Ini Harganya

Peluncuran Oppo Find N ini juga disiarkan secara daring melalui saluran YouTube Oppo dengan tajuk "Oppo Find N: Foldable Flagship Launch Event".

"Butuh waktu empat tahun bagi kami untuk menciptakan ponsel lipat yang ideal untuk pengguna. Dan ini waktunya saya tunjukkan kepada Anda, Oppo Find N," kata Pete Lau dalam acara peluncuran, sebagaimana dipantau KompasTekno di saluran YouTube Oppo, Rabu sore.

Dalam acara tersebut, Chief Product Officer Oppo Pete Lau turut mengungkapkan bahwa Oppo Find N adalah ponsel lipat pertama Oppo yang dibekali dengan sejumlah teknologi unggulan. Misalnya, di aspek layar dan engsel.

Di aspek layar, kata Lau, Oppo Find N menggunakan material kaca yang sangat tipis (ultra thin glass /UTG) pada layarnya. Material ini membuat layar Oppo Find N kuat dan tahan lama.

Sementara untuk engsel, Oppo mengembangkan jenis engsel baru, yaitu flexion Hinge (engsel melengkung) yang dapat memberikan pengalaman yang mulus saat pengguna membentangkan ponsel. 

"Ini adalah teknologi engsel yang terbaik di industri ponsel lipat saat ini," klaim Lau.

Sebab, kata Lau, teknologi engsel Oppo Find N tidak memberikan efek lipat ketika ponsel dibentangkan. Di samping itu, engsel pada ponsel ini diklaim mampu bertahan hingga 200.000 kali lipatan.

Menurut Lau, pengguna rata-rata membuka-tutup ponsel sebanyak 100 kali sehari. Bila dihitung, engsel Oppo Find N mampu bertahan hingga 5,4 tahun pemakaian.

Untuk bagian display, Oppo Find N dibekali dengan dua layar. Layar pertama Oppo Find N mengusung panel AMOLED seluas 7,1 inci, sehingga dalam keadaan terbentang ponsel ini menyerupai sebuah tablet.

Layar utama tersebut sudah mendukung adaptive refresh rate hingga 120 Hz dan tingkat kecerahan maksimum (peak brightness) hingga 1.000 nits. Di sudut kiri atas layar pertama ini juga terdapat sebuah punch hole (lubang kecil) sebagai rumah dari kamera selfie 32 MP.

Sedangkan dalam keadaan terlipat, Oppo Find N memiliki layar eksternal (external screen) berukuran 5,49 inci dengan aspect ratio 18:9. Di sisi tengah layar external ini juga terdapat punch hole yang memuat kamera selfie 32 MP.

Di aspek hardware, Oppo Find N diotaki chipset Snapdragon 888 5G (5nm) dari Qualcomm. Chipset tersebut dipadukan dengan pilihan RAM 8 atau 12 GB, serta penyimpanan media 256 atau 512 GB.

Ponsel ini ditopang baterai dengan kapasitas 4.500 mAh dan sudah mendukung fast charging 33 watt. Dengan teknologi fast cahrging tersebut, ponsel ini diklaim dapat mengisi daya baterai hingga 55 persen hanya dalam waktu 30 menit, atau hingga kapasitas penuh 100 persen hanya dalam waktu 70 menit.

Oppo Find N menjalankan sistem operasi Android 11 dan dilapisi antarmuka ColorOS 12.

Fitur lain yang dibawa ponsel ini termasuk pemindai sidik jari yang terintegrasi dengan tombol power (side-mounted) dan speaker ganda. Di China, Oppo Find N hadir dalam tiga varian warna, yaitu hitam, putih, dan gradasi ungu.

Ponsel lipat pertama Oppo ini bisa dipesan di China mulai hari ini, Rabu (15/12/2021). Penjual perdana Oppo Find N dilaksanakan pada 23 Desember mendatang.

Untuk harganya, ponsel Oppo Find N varian 8/256 GB dibanderol dengan harga 7.699 Yuan (sekitar Rp 17,3 juta). Sementara Oppo Find N varian tertinggi 12/512 GB dijual seharga 8.999 Yuan (sekitar Rp 20,3 juta).

Belum ada informasi resmi apakah ponsel ini akan dipasarkan di luar China, termasuk di Indonesia atau tidak.

https://tekno.kompas.com/read/2021/12/15/17241347/find-n-ponsel-lipat-pertama-oppo-resmi-meluncur-ini-harganya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke