Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Aplikasi di Layar Home iPhone Bisa Disembunyikan, Begini Caranya

Salah satu yang menjadi bagian dari keamanan privasi adalah akses aplikasi.

Dalam meningkatkan kemanan privasi pengguna, Apple menghadirkan fitur yang dapat menyembunyikan aplikasi agar tidak muncul di layar home (layar utama) iPhone.

Fitur ini sangat berguna untuk mengamankan privasi Anda karena membuat orang lain menjadi tidak mudah mengkases aplikasi yang Anda miliki.

Misalnya, Anda adalah orang tua yang memiliki anak kecil. Tentu, aplikasi-aplikasi yang Anda miliki di iPhone tidak semuanya ramah diakses untuk anak kecil.

Untuk dapat menyembunyikan aplikasi dari layar home iPhone, pengguna tidak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga. Dalam menjajal fitur ini, KompasTekno menggunakan iPhone XR dengan iOS 15.

Apabila Anda ingin menyembunyikan aplikasi dari layar home di iPhone, berikut ini caranya:

Apabila Anda ingin mengembalikan aplikasi itu ke layar home, Anda hanya perlu menuju ke menu Perpustakaan App (App Library). Caranya, usap dari tepi kanan ke arah kiri layar home.
Setelah diusap, bakal muncul menu perpustakaan App.

Kemudian, cari aplikasi yang telah Anda sembunyikan. Tekan cukup lama aplikasi tersebut, lalu pilih opsi Tambah ke Layar Utama.

Menyembunyikan banyak aplikasi sekaligus

Selain cara di atas, Anda juga dapat menyembunyikan aplikasi secara sekaligus dari layar home iPhone.

Cara menyembunyikan aplikasi secara sekaligus ini cukup mudah:

Dengan memilih hapus, secara otomatis aplikasi yang tampil di satu halaman layar home, akan menghilang semua. Untuk mengembalikan aplikasi tersebut ke layar home, Anda hanya perlu mengikuti langkah di atas kembali.

Selanjutnya, Anda ketuk centang pada bagian halaman yang telah di-unchecked sebelumnya dan klik Selesai. Aplikasi tersebut akan kembali muncul di layar home seperti semula.

Dengan cara ini, Anda dapat mengatur secara aman aplikasi yang dapat terlihat di layar home. Demikian cara menyembunyikan aplikasi dari layar home di iPhone, selamat mencoba.

https://tekno.kompas.com/read/2021/12/16/15180097/aplikasi-di-layar-home-iphone-bisa-disembunyikan-begini-caranya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke