Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pengiriman Smartphone Nokia Tumbuh, Dekati Angka 3 Juta Unit

Berdasarkan data dari firma riset pasar Counterpoint Research, pemegang lisensi ponsel Nokia, HMD Global, tercatat mengirimkan hampir 3 juta unit smartphone Nokia pada kuartal III-2021.

Angka pengiriman tersebut naik 12 persen jika dibandingkan dengan kuartal II-2021 (quater-on-quarter/QoQ), di mana jumlah pengiriman ponsel Nokia sebanyak 2,7 juta unit ke pasar global.

Pertumbuhan jumlah pengiriman smartphone Nokia pada kuartal III-2021 tersebut juga terlihat lebih signifikan dibandingkan dengan kuartal III-2020, yakni tumbuh mencapai 37 persen.

Pada kuartal III-2020 lalu, HMD Global dilaporkan hanya berhasil mengirimkan 2,1 juta smartphone Nokia ke pasar global.

Counterpoint mengatakan, kinerja positif dari Nokia ini didorong oleh kekosongan pasar yang ditinggalkan oleh vendor LG Electronics di wilayah pasar Timur Tengah, Afrika, dan Amerika Utara.

Seperti diketahui, LG telah resmi menutup bisnis ponselnya secara menyeluruh per Juli 2021 lalu.

Posisi lima besar vendor smartphone global pada kuartal III-2021, menurut Counterpoint, ditempati secara berurutan oleh Samsung, Apple, Xiaomi, Vivo, dan Oppo, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Nokiamob, Kamis (16/12/2021). 

Secara keseluruhan, pasar smartphone global mencatat pertumbuhan 6 persen bila dibandingkan kuartal II-2021 (QoQ), tetapi turun 6 persen bila dibandingkan kuartal III-2020 (YoY).

Ponsel fitur sendiri adalah jenis ponsel yang memiliki fungsi dasar untuk menelepon dan berkirim pesan (SMS).

Biasanya, ponsel fitur ini juga dilengkapi dengan fitur tambahan seperti kamera, pemutar musik, dan fitur lain meski tak selengkap dan secanggih smartphone.

Pada kuartal III-2021 ini, Nokia menampati posisi kedua sebagai penguasa pangsa pasar ponsel fitur, dengan total pengiriman mencapai 10 juta unit ponsel ke pasar global.

Bila pengiriman smartphone dan feature phone ditotal, Nokia berhasil mengirimkan 13 juta unit ponsel pada Q3 2021 ini.

Dengan total angka pengiriman tersebut, Nokia secara umum menempati peringkat 11 sebagai vendor ponsel terbesar di dunia pada kuartal ketiga tahun ini.

https://tekno.kompas.com/read/2021/12/17/07010007/pengiriman-smartphone-nokia-tumbuh-dekati-angka-3-juta-unit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke