Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Reddit Diam-diam Sudah Daftarkan Diri untuk IPO

Reddit dikabarkan telah menyerahkan dokumen S-1 kepada Securities and Exchange Commission (SEC), atau komisi bursa dan sekuritas AS, agar bisa melantai di bursa saham AS.

Belum diketahui secara pasti berapa jumlah saham yang akan ditawarkan Reddit, atau berapa kisaran harga saham yang diusulkan oleh perusahaan, karena alasan regulasi.

Yang jelas, langkah pengajuan IPO Reddit telah terendus sejak September 2021 lalu, di mana Reddit telah menetapkan target valuasi hingga 15 miliar dolar AS (sekitar Rp 215,7 triliun).

Reddit sendiri diketahui telah lama berusaha menarik perhatian investor ke forumnya. Pada awal 2021, sub-forum Reddit WallStreetBets dibentuk sebagai tempat kumpul investor untuk merekomendasikan saham.

Sub-forum itu membantu saham-saham perusahaan kecil seperti GameStop dan AMC, diburu oleh pelaku pasar saham. Pada puncak demam trading pada Februari 2021, valuasi Reddit pun berlipat ganda menjadi 6 miliar dolar AS (sekitar Rp 86,3 triliun).

Kemudian pada Agustus 2021, Reddit mengumumkan telah mengumpulkan dana hingga 700 juta dolar AS (sekitar Rp 10 triliun) dengan valuasi mencapai 10 miliar dolar AS (sekitar Rp 143,8 triliun).

Meski valuasi yang dimiliki Reddit sudah tergolong cukup untuk melakukan IPO, namun angka tersebut masih terbilang kecil dibandingkan valuasi saham Twitter Inc. (TWTR.N) yang sebesar 35 miliar dolar AS (sekitar Rp 503,4 triliun) atau Facebook Meta Platforms' (FB.O) yang mencapai 1 triliun dolar AS (sekitar Rp 14.384 triliun).

"(Reddit) berharap diberi harga premium yang substansial untuk IPO saham teknologi biasa tahun ini," kata Profesor Keuangan Universitas Florida, Jay Ritter.

Sebagai informasi, Reddit didirikan pertama kali pada tahun 2005 oleh Steve Huffman dan Alexis Ohanian.

Perusahaan yang berbasis di San Francisco, California itu diklaim telah meraih pendapatan iklan sebesar 100 juta dolar AS (sekitar Rp 1,4 triliun) pada kuartal II-2021.

Angka tersebut meningkat tiga kali lipat dibanding periode yang sama di tahun 2020 lalu, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Reuters, Jumat (17/12/2021).

https://tekno.kompas.com/read/2021/12/17/11310097/reddit-diam-diam-sudah-daftarkan-diri-untuk-ipo

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke