Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Deretan Fitur Baru Instagram yang Meluncur Sepanjang 2021

Pada awalnya Instagram hanya menawarkan fungsi dasarnya yaitu membagikan foto tanpa adanya fitur dan filter menarik. Seiring perkembangannya tentu Instagram saat ini telah memiliki berbagai fitur menarik.

Bahkan, sepanjang tahun 2021 ini pun Instagram terus merilis berbagai fitur tambahan. KompasTekno pun merangkum fitur-fitur Instagram yang muncul sepanjang tahun 2021.

Fitur-fitur tersebut memungkinkan untuk digunakan para pelaku bisnis maupun konten kreator di Indonesia.Tak hanya itu fitur ini juga dilengkapi dengan “Track Your Performance” yang memungkinkan untuk melihat insight dan performa akun.

Untuk mengembalikan postingan yang telah dihapus, Anda hanya perlu klik “Restore” pada postingan Anda. Untuk mengaksesnya Anda perlu menuju “Setting” > Klik “Account” > Klik folder “Recently Delete” > “Delete/Restore”

Jika Anda ingin menghapus atau memulihkan konten secara permanen, Instagram akan meminta Anda untuk memverifikasi bahwa Anda pemilik akun yang sebenarnya.

Live Room akan memiliki empat jendela dalam satu layar yang dapat diisi empat pengguna sekaligus. Fitur ini muncul akibat meningkatnya live streaming selama pandemi Covid-19.

4. Pesan Lintas Platform IG dan Messenger

Fitur ini memungkinkan pengguna dapat berkirim pesan lintas platform. Pengguna Instagram dapat mengirim direct message pada pengguna Facebook Messenger, begitu pula sebaliknya. Untuk menggunakannya, kedua akun harus terintegrasi terlebih dahulu.

Namun, saat ini fitur tersebut belum berlaku pada host dan baru bisa digunakan untuk peserta yang diundang saja.

Caranya mudah, pengguna dapat menuju ke “Settings” > “Privacy”>”Posts”> Geser tombol toggle “Hide Like and View Counts” ke arah on.

Dilansir KompasTekno dari embedd social, Senin (20/12/2021) melalui fitur ini, pengguna diminta untuk mengikuti langkah-langkah seperti pemeriksaan aktivitas login akun, peninjauan ulang informasi profil, dan meninjau informasi kontak untuk pemulihan akun.

Contoh penggunaannya adalah ketika pengguna memasang pengaturan bahasa Inggris untuk aplikasi Instagram. Maka saat nanti menemukan Instagram Stories dengan teks bahasa Indonesia, teks akan muncul opsi “see translation”.

Sebelumnya, fitur “Swipe Up” memungkinkan pengguna untuk mengusap layar dari bawah ke atas untuk menuju link yang disematkan. Selain itu, fitur ini dahulu hanya dapat digunakan untuk pengguna Instagram yang memiliki 10.000 followers saja seperti para influencer.

Kini, Instagram telah memiliki fitur baru yang dapat digunakan upload melalui desktop. Perlu diketahui, bahwa untuk versi desktop ini Instagram baru menyediakan fitur untuk upload foto dan video saja, dan belum bisa mengunggah Instagram Story/Reel.

Belakangan ini fitur stiker tersebut juga makin banyak digunakan. Bahkan, fitur ini dinilai dapat membuat data informasi pribadi pengguna terkespos. Pengguna pun dituntut harus lebih bijak lagi dalam menggunakan media sosial.

https://tekno.kompas.com/read/2021/12/20/18030087/deretan-fitur-baru-instagram-yang-meluncur-sepanjang-2021

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke