Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Daftar Game Mobile dengan Penghasilan Tertinggi 2021, PUBG Mobile Teratas

Dari sekian banyak judul game yang tersebar di Google Play Store dan App Store, ada delapan game yang memperoleh pendapatan tertinggi hingga menembus angka 1 miliar dollar AS (sekitar Rp 14,2 triliun).

Kedelapan game tersebut tidak hanya diisi dengan judul game kompetitif, melainkan terdapat sejumlah game kasual, seperti Candy Crush Saga.

Dari laporan tersebut diketahui bahwa game battle royale PUBG Mobile menduduki peringkat teratas sebagai game dengan pendapatan tertinggi pada 2021.

Game besutan Tencent ini dilaporkan berhasil meraup pendapatan mencapai 2,8 miliar dollar AS (sekitar Rp 39,9 triliun).

Besarnya jumlah pendapatan yang diraih PUBG Mobile sejatinya tidak lepas dari tingginya popularitas game tersebut secara global.

Di peringkat kedua ada game Multiplayer Online Battle Arena (MOBA), Honor of Kings.

Honor of Kings yang juga besutan Tencent, meraih pendapatan yang sama dengan PUBG Mobile, yakni mencapai 2,8 miliar dollar AS (sekitar Rp 39,9 triliun).

Jumlah pendapatan yang diraih PUBG Mobile dan Honor of Kings ini meningkat dibandingkan tahun lalu. Pendapatan PUBG Mobile naik 9 persen, sementara Honor of Kings naik 14,7 persen.

Meski memperoleh jumlah pendapatan yang sama, Sensor Tower tidak menjelaskan mengapa PUBG Mobile diposisikan di peringkat pertama, sementara Honor of Kings di peringkat kedua.

Menyusul di bawah PUBG Mobile dan Honor of Kings, game RPG Genshin Impact yang memperoleh pendapatan sebesar 1,8 miliar dollar AS (sekitar Rp 25,6 triliun).

Game yang dirilis oleh MiHoYo ini menarik minat banyak pemain dengan segudang konten dan pembaruan mencakup karakter, senjata, dan update peta terbaru yang rutin digelontorkan setiap bulannya.

Sejak diluncurkan pada 28 September 2020 lalu, Genshin Impact dilaporkan telah menghasilkan pendapatan sebanyak 2,4 miliar dollar AS (sekitar Rp 34,2 triliun) dari toko aplikasi App Store dan Google Play Store.

Roblox menghasilkan pendapatan 1,3 miliar dollar AS (sekitar Rp 18,5 triliun) di sepanjang 2021, meningkat 20,3 persen dari tahun lalu.

Tidak jauh berbeda dengan Roblox, game casual Coin Master berada di posisi kelima dengan jumlah pendapatan hingga 1,3 miliar dollar AS (sekitar Rp 18,5 triliun). Angka tersebut meningkat sebesar 13,8 persen secara YoY.

Pokemon Go besutan Niantic juga masih menunjukkan eksistensinya di ranah game mobile. Sepanjang 2021, game ini memperoleh pendapatan 1,2 miliar dollar AS (sekitar Rp 17,1 triliun).

Menempati dua posisi terakhir, Candy Crush Saga dan Free Fire masing-masing memperoleh pendapatan sebesar 1,2 miliar dollar AS (sekitar Rp 17,1 triliun) dan 1,1 milliar dolar AS (sekitar Rp 15,1 triliun).

Secara keseluruhan, hingga saat ini game mobile dinilai berhasil mengalami pertumbuhan yang secara signifikan, terlepas dari perubahan kebijakan Identifier for Advertisers (IDFA) Apple di iOS.

Hingga akhir tahun 2021, Sensor Tower memperkirakan bahwa jumlah pengeluaran untuk game seluler akan mencapai 89,6 miliar dollar AS (sekitar Rp 1.278 triliun) secara global di App Store dan Google Play.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Sensor Tower, Rabu (22/11/2021), jumlah tersebut mengalami peningkatan sebesar 12,6 persen secara YoY.

https://tekno.kompas.com/read/2021/12/22/08050007/daftar-game-mobile-dengan-penghasilan-tertinggi-2021-pubg-mobile-teratas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke