Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas

KOMPAS.com - Laptop yang terasa panas biasanya menjadi masalah yang umum dialami setiap pengguna. Penyebab laptop panas terkadang dipengaruhi beberapa faktor seperti umur laptop yang cukup lama, peletakan laptop yang salah, atau kurangnya aliran udara yang memadai.

Laptop yang terlalu panas juga mengakibatkan pengguna menjadi tidak nyaman dalam menggunakannya, seperti sistem kerja laptop yang jadi melambat hingga menyebabkan error beberapa kali. Tentu saja hal tersebut akan menghambat pekerjaan Anda.

Cara mengatasi laptop panas

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar laptop tidak cepat panas. Sehingga, penggunaan laptop bisa lebih maksimal. Berikut cara mengatasi laptop panas, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Fire Fold, Jumat (24/12/2021).

1. Cek mesin kipas di laptop

Cara mengatasi laptop panas yang pertama adalah mengecek mesin kipas di laptop. Setiap kali Anda merasa laptop Anda menjadi panas, cobalah cek mesin kipas pada laptop Anda.

Caranya adalah dengan meletakkan tangan Anda tepat di sebelah ventilasi kipas. Di sini Anda akan tahu apakah kipas laptop dapat berfungsi dengan baik atau tidak.

Jika kipas laptop dapat berfungsi secara baik, Anda akan merasakan udara panas yang keluar. Namun jika Anda hanya merasakan sedikit atau tidak sama sekali, mungkin saja terdapat debu yang menumpuk di kipas.

Tak hanya itu, bisa jadi mesin kipas laptop Anda sudah rusak. Jika seperti ini Anda harus segera menggantinya atau menuju tempat reparasi laptop.

2. Perhatikan saat meletakkan Laptop

Cara mengatasi laptop panas berikutnya adalah dengan memperhatikan posisi laptop saat Anda menggunakannya. Salah satu penyebab laptop panas adalah kurangnya ventilasi yang tidak memadai di bawah laptop.

Maka dari itu saat menggunakannya Anda dapat meletakkan laptop menggunakan buku atau cooling pad laptop untuk memberikan ventilasi yang baik di bawah mesin laptop Anda.

3. Menggunakan penyangga laptop

Beranjak ke cara mengatasi laptop panas selanjutnya, yakni dengan menggunakan penyangga laptop agar laptop memiliki ventilasi yang cukup.

Menggunakan penyangga laptop juga akan membuat aliran udara di bawah laptop lebih baik dan tidak menyebabkan panas yang berlebih. Aliran udara di laptop menjadi lebih konstan dan menjaga laptop tetap dingin.

4. Jauhkan laptop dari udara panas

Tahukah Anda bahwa laptop yang mudah panas atau terlalu panas juga dapat disebabkan karena suhu udara yang cukup panas?

Hal ini biasanya terjadi saat terjadi musim panas atau kemarau yang membuat laptop juga menjadi lebih panas. Sebab itu, cara mengatasi laptop panas berikutnya adalah meletakkan laptop dengan baik di tempat yang teduh.

5. Hindari penggunaan laptop yang terlalu intens

Salah satu penyebab laptop panas adalah penggunaannya yang sangat intens. Sebaiknya Anda juga dapat mengatur penggunaan laptop Anda dengan lebih baik agar mesin laptop tidak cepat panas.

Beberapa cara mengatasi laptop panas di atas dapat Anda coba. Namun, jika kondisinya masih tidak membaik, segera bawa ke tempat reparasi laptop untuk mendapat penanganan yang lebih baik.

https://tekno.kompas.com/read/2021/12/26/18060067/cara-mengatasi-laptop-cepat-panas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke