Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

iPhone Mendominasi Smartphone 5G Dunia

Dalam laporan itu, disebutkan bahwa Apple berhasil menjadi perusahaan dengan pengiriman ponsel 5G terbanyak pada kuartal ketiga tahun ini dengan pangsa pasar (market share) sekitar 25 persen.

Apple sendiri memang sudah meluncurkan jajaran iPhone 13 Series yang hadir dengan dukungan konektivitas 5G pada September lalu.

Strategy Analytics tidak mengumbar berapa unit ponsel 5G yang berhasil dikirimkan Apple. Yang jelas, di bawah Apple ada beberapa vendor ponsel Android yang memiliki market share lebih rendah dari perusahaan pembuat iPhone tersebut.

Beberapa perusahaan tersebut secara berurutan adalah Xiaomi, Samsung, Oppo, Vivo, Honor, Realme, dan vendor smartphone lainnya yang tergabung dalam kategori "Others" (lain-lain).

Sementara itu, Samsung juga banyak meluncurkan ponsel 5G mereka untuk beragam segmen, mulai dari Galaxy A22 5G, hingga ponsel lipat terbarunya yang mendukung jaringan 5G macam Galaxy Z Fold 3 dan Flip 3.

Adapun urutan vendor dengan pengiriman smartphone 5G terbanyak di dunia adalah sebagai berikut:

Honor raih peningkatan pengiriman tercepat

Meski Apple, Xiaomi, dan Samsung berada di posisi tiga besar sebagai pengirim ponsel 5G terbanyak di kuartal-III 2021, Honor justru dinobatkan Strategy Analytics sebagai perusahaan ponsel yang memiliki perkembangan pengiriman ponsel 5G tercepat.

Vendor ponsel tersebut tercatat memiliki peningkatan ponsel 5G di kuartal-III 2021 sebanyak 194 persen berkat berbagai ponsel 5G terbarunya seperti Honor 50 5G, Honor 50 SE 5G, hingga Honor 50 Pro 5G.

“Popularitas ponsel 5G dari Honor meningkat pesat di China. Honor sendiri sebelumnya merupakan sub-merek Huawei, tetapi dipecah sebagai perusahaan independen sejak sekitar awal tahun lalu," jelas Associate Directro Strategy Analytics, Yiwen Wu, sebagaimana dikutip KompasTekno dari StrategyAnalytics.com, Selasa (28/12/2021).

Selain Honor, lima besar perusahaan ponsel yang memiliki peningkatan signifikan untuk pengiriman ponsel 5G merupakan produsen smartphone Android mencakup Motorola, Samsung, Oppo, hingga Realme.

Berikut daftar urutan vendor dengan pengiriman smartphone 5G tercepat di dunia adalah sebagai berikut:

  1. Honor
  2. Motorola
  3. Samsung
  4. Oppo
  5. Realme

Jika diteliti seksama, Xiaomi sendiri tak muncul dalam daftar lima besar perusahaan smartphone dengan pertumbuhan pengiriman 5G tercepat.

Menurut Director Strategy Analytics, Ken Hyers, performa Xiaomi di kuartal-III 2021 ini mandek, usai mengalami peningkatan pertumbuhan signifikan pada kuartal sebelumnya.

"Xiaomi, yang tercatat memiliki pertumbuhan signifikan untuk pengiriman smartphone 5G pada kuartal-II 2021 lalu, kini memiliki pertumbuhan pengiriman ponsel 5G yang stagnan di kuartal-III 2021 ini," jelas Ken.

"Hal itu disebabkan oleh Samsung yang sukses mengalahkan dominiasi Xiaomi di pasar Eropa pada kuartal-III 2021 ini, diikuti dengan Oppo yang mendominasi di China," pungkas Ken.

https://tekno.kompas.com/read/2021/12/28/08120087/iphone-mendominasi-smartphone-5g-dunia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke