Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Fitur Balas dan Cantumkan Komentar di Instagram Reels Sudah Bisa Dicoba di Indonesia

Fitur baru ini memungkinkan pengguna membalas komentar yang ada di postingan Reels menggunakan sebuah video Reels.

Beberapa pekan setelahnya, pengguna Instagram di Indonesia sudah bisa menjajal fitur baru "Reels Visual Replies".

Berdasarkan pantauan KompasTekno, Selasa (28/12/2021) pagi, fitur "Reels Visual Replies" sudah tersedia di aplikasi Instagram versi 216.1.0.21.137 di ponsel Android.

Di jendela pop-up itu, pengguna juga diberikan opsi "Try it" (coba sekarang) atau "Not now" (tidak sekarang).

Tampilan fitur Reels Visual Replies

Pada dasarnya, Reels merupakan fitur perekaman video pendek di Instagram yang mirip dengan TikTok.

Mulai dari durasi video, menggunakan metode swipe-up (mengusap layar ke atas) hingga konten video yang sama-sama bisa ditambahi dengan efek, stiker, musik.

Kini, dengan fitur baru "Reels Visual Replies", Instagram Reels semakin mirip dengan TikTok.

Pasalnya, fitur baru ini memungkinkan pengguna membalas komentar yang ada di postingan Reels menggunakan sebuah video Reels, alih-alih hanya komentar teks seperti biasanya.

Secara tampilan dan kegunaan, fitur Reels Visual Replies di Instagram Reels ini mirip seperti fitur "Reply with Video" yang ada di TikTok.

Sekarang, saat meng-klik opsi "reply/balas" di posting Reels, pengguna akan melihat ikon "kamera" tambahan di sudut kiri bawah kolom balasan.

Ikon kamera itu akan membawa pengguna ke menu kamera Instagram. Di sana, komentar yang ingin dibalas tadi akan muncul dalam format stiker.

Stiker komentar ini bisa diubah warnanya sesuai keinginan pengguna dengan cara meng-klik stiker tersebut.

Stiker komentar tersedia dalam warna putih, hitam, gradasi ungu dan biru, hijau, biru, ungu, dan lainnya.

Nantinya, balasan komentar lewat video Reels itu akan muncul di kolom komentar serta di tab Reels yang ada di profil pengguna.

Namun, dari pantauan KompasTekno, fitur "Reels Visual Replies" ini hanya tersedia untuk akun Instagram yang bersifat publik. Sementara, akun Instagram yang bersifat privat atau dikunci,  ikon kamera pada saat membalas komentar di Reels tidak akan muncul.

Alhasil, pemilik akun Instagram privat hanya bisa membalas komentar di Reels melalui format teks saja, seperti biasanya. Apabila akun Anda bersifat publik, namun belum mendapati fitur ini, cobalah untuk memperbarui aplikasi ke versi terbaru.

Cara baru berinteraksi dengan penonton

Dengan memanfaatkan fitur Reels Visual Replies ini, Bos Instagram Adam Mosseri mengatakan konten kreator bisa berinteraksi dan terlibat dengan penonton atau audiens dengan cara baru yang lebih menyenangkan.

Mosseri sendiri sangat menyarankan kreator konten di Instagram untuk berinteraksi dengan pengikutnya (follower) sesering mungkin.

"Sebab, semakin Anda terlibat dengan audiens Anda, maka akan semakin kuat pengikut Anda, dan jangkauan (reach) akun Anda akan tumbuh dari waktu ke waktu," kata Mosseri.

Di samping itu, sesuai namanya, fitur baru "Reels Visual Replies" juga memungkinkan pengguna memvisualisasikan tanggapan pengguna atas komentar tertentu dengan mudah dan kontekstual.

Misalnya, ketika ada yang meminta pengguna untuk memberikan video tutorial untuk membuat editan video yang sama dengan yang diposting pengguna.

Dengan fitur "Reels Visual Replies", pengguna bisa dengan mudah menyematkan komentar orang tersebut sebagai stiker dan menyertakan video tutorial yang diminta.

https://tekno.kompas.com/read/2021/12/28/14020007/fitur-balas-dan-cantumkan-komentar-di-instagram-reels-sudah-bisa-dicoba-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke