Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

TikTok Jadi Aplikasi yang Paling Banyak Diunduh Tahun 2021, Ungguli Facebook dkk

Pasalnya, aplikasi buatan ByteDance tersebut dinobatkan sebagai aplikasi yang paling banyak diunduh sepanjang tahun 2021 oleh salah satu firma riset aplikasi smartphone, AppTopia.

Dalam laporan terbaru mereka, TikTok mengungguli tiga aplikasi yang dinaungan perusahaan holding Meta, yaitu Instagram, Facebook, dan WhatsApp. Tiga platform tersebut selama beberapa tahun sebelumnya, menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh.

AppTopia tidak mengungkap berapa jumlah unduhan yang didapat masing-masing aplikasi yang diriset. Namun, mereka mengklaim jumlah unduhan ini merupakan akumulasi dari jumlah unduhan di smartphone Android dan iOS.

Dominasi TikTok di tahun ini sendiri bisa dibilang tidak begitu mengejutkan. Sebab di tahun 2020 lalu, aplikasi yang dirilis 2016 tersebut juga dinobatkan sebagai aplikasi yang paling banyak diunduh secara global sepanjang tahun oleh AppTopia.

Tidak hanya AppTopia, firma riset aplikasi lain, yaitu AppAnnie juga memberi gelar yang sama tahun lalu. Bahkan, AppAnnie mengklaim TikTok selalu menduduki posisi teratas sebagai aplikasi paling banyak diunduh di dunia sejak 2018 lalu.

Kembali lagi ke laporan AppTopia tadi, aplikasi bikinan ByteDance lainnya, CapCut juta termasuk dalam satu dari 10 aplikasi yang paling banyak diunduh di dunia sepanjang tahun ini.

Masuknya CapCut di daftar ini tidak terlepas dari andil TikTok, sebab CapCut merupakan aplikasi yang biasa digunakan untuk mengedit video TikTok.

Adapun CapCut sendiri merupakan aplikasi "pendatang baru" yang ada dalam daftar aplikasi yang paling banyak diunduh di tahun ini, menemani aplikasi-aplikasi lainnya yang sudah populer selama beberapa tahun terakhir seperti Spotify, Zoom, dan lain sebagainya.

Selengkapnya, berikut 10 aplikasi yang paling banyak diunduh di 2021 versi AppTopia, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Mashable, Kamis (30/12/2021):

  1. TikTok
  2. Instagram
  3. Facebook
  4. WhatsApp
  5. Telegram
  6. Snapchat
  7. Zoom
  8. Messenger
  9. CapCut 
  10. Spotify

https://tekno.kompas.com/read/2021/12/30/10050007/tiktok-jadi-aplikasi-yang-paling-banyak-diunduh-tahun-2021-ungguli-facebook-dkk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke