Salin Artikel

Sejarah Singkat Penggunaan Hashtag di Media Sosial

Tagar atau hashtag juga seringkali digunakan para pengguna medsos untuk memudahkan pencarian informasi dengan tema atau topik yang spesifik.

Nah, tahukah Anda kapan hashtag pertama kali digunakan di media sosial?

Penggunaan hashtag di media sosial pertama kali muncul saat masa-masa awal kehadiran Twitter.

Penggunaan hashtag di media sosial pertama kali dilakukan oleh salah satu pengguna Twitter yaitu Chris Messina 14 tahun silam tepatnya, 23 Agustus 2007.

Sebenarnya awal penggunaan hashtag telah digunakan untuk berbagai keperluan website. Namun Chris Messina yang pertama kali mengusulkan menggunakan hashtag untuk menghimpun topik-topik tertentu.

Setelah berpikir hashtag atau tagar dapat bekerja di Twitter, Chris Messina pun menulisnya dalam blognya. Ia menguraikan bagaimana cara kerja hashtag.

Menurut Messina, saat kita menambahkan tagar di akhir tulisan, maka twit tersebut dapat masuk dalam aliran topik dan dapat ditemukan dengan mudah oleh pengguna.

Hashtag membantu pengguna mencari topik-topik atau tema tertentu dengan mudah dan cepat.

Tak hanya mencari, pengguna lain juga dapat menyumbangkan twit mengenai topik tersebut menggunakan tagar yang sama.

Terlepas dari siapa yang kita follow di Twitter, hashtag membantu pengguna mengetahui topik terkini dengan memantau tagar tersebut.

Messina pun menambahkan bahwa ide tersebut muncul saat dirinya melihat orang-orang mengunggah twit tentang gempa bumi di Bay Area. Ia pun mencari cara bagaimana mengkoordinasikan komunikasi tersebut dengan baik sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Buffer, Senin (3/1/2022).

Seiring berkembangnya dunia digital, penggunaan hashtag merambah pada media sosial lain seperti Instagram dan Facebook. Pengguna Instagram pun mulai menambahkan beberapa tagar di bagian akhir caption foto mereka.

Tak hanya itu penggunaan hashtag saat ini terus berkembang yang semula hanya untuk mencari topik atau tema tertentu, merambah berfungsi sebagai gerakan sosial hingga kebutuhan branding dan promosi tertentu.

Penggunaan hashtag di media sosial kini semakin populer, terlebih saat bidang digital marketing berkembang dengan pesat. Hal tersebut membuat hashtag menjadi salah satu strategi pemasaran di media sosial untuk menjangkau target audiens.

Tagar juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi produk, layanan, atau komunikasi. Kini penggunaan hashtag tak terhitung lagi jumlahnya dan tentu semakin berkembang pula fungsi dan kegunaannya yang memiliki pengaruh luar dalam media sosial.

https://tekno.kompas.com/read/2022/01/03/14080017/sejarah-singkat-penggunaan-hashtag-di-media-sosial-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.