Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pasar PC Diprediksi "Rebound" pada 2021, Ini Penyebabnya

KOMPAS.com - Setelah anjlok pada tahun pertama pandemi Covid-19, yaitu pada 2020, pengiriman (shipment) komputer (PC) desktop diprediksi akan kembali naik hingga akhir tahun 2021.

Meski laporan kuartal IV-2021 belum diterbitkan, riset yang dirilis firma analisis pasar IDC, permintaan desktop PC berbagai vendor macam Dell, HP, Lenovo, hingga Apple (iMac) meningkat hingga akhir tahun 2021.

Bahkan, IDC mengeklaim pengiriman desktop PC dari Lenovo mencapai rekor tertinggi pada tahun tersebut. Walhasil, pengiriman desktop PC pada 2021 diprediksi bakal meningkat 7 persen.

Menurut IDC, peningkatan ini dipicu oleh kegiatan work from office (WFO) dan work from home (WFH) yang berlanjut pada 2021.

Laporan IDC lanjut mengatakan bahwa pengguna yang WFO bakal membutuhkan desktop PC di kantor mereka, sedangkan pengguna yang masih WFH disebut telah mulai membangun desktop PC untuk kenyamanan bekerja.

Selain kegiatan WFO dan WFH, tak sedikit pula orang yang membutuhkan desktop PC untuk menunjang pekerjaan "rakus" resource yang tidak bisa ditopang oleh kemampuan yang ditawarkan laptop, begitu juga layar luas atau layar ganda yang dimiliki desktop PC.

"Desktop PC menawarkan kemampuan terbaik (dari laptop), dan hal tersebut akan terus menjadi pertimbangan (pengguna)," jelas Research Manager IDC, Jitesh Ubrani, dikutip KompasTekno dari WSJ, Selasa (4/1/2022).

https://tekno.kompas.com/read/2022/01/04/08020027/pasar-pc-diprediksi-rebound-pada-2021-ini-penyebabnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke