Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Samsung Galaxy S21 FE 5G Resmi Meluncur

President dan Head of Samsung Electronics MX Business, TM Roh mengatakan ponsel tersebut diluncurkan untuk melanjutkan kesuksesan Samsung Galaxy S20 FE serta Samsung Galaxy S21 Series yang laku di pasaran. 

"Kami memutuskan untuk menggunakan pendekatan yang sama dalam merancang Galaxy S21 FE 5G, membekalinya dengan berbagai fitur premium yang selalu dicintai oleh pengguna setia Galaxy," ujarTM Roh dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Selasa (4/1/2022).

Sama seperti bocoran yang sudah beredar sebelumnya, desain punggung Samsung Galaxy S21 FE 5G serupa dengan "saudara-saudaranya" di Samsung Galaxy S21 Series.

Sebab, bagian belakang ponsel ini mengusung desain Contour-Cut Frame, di mana modul kamera ditempatkan di ujung kiri atas punggung ponsel.

Untuk memotret objek dari jauh, ponsel tersebut juga dibekali dengan fitur Space Zoom yang memiliki pembesaran (zoom) objek hybrid hingga 30x.

Ada pula fitur Night Mode yang disempurnakan di Samsung Galaxy S21 FE 5G, memungkinkan pengguna menghasilkan foto dengan kondisi minim cahaya tanpa takut kehilangan momen.

Layar AMOLED 120 Hz

Beralih ke bagian depan, Samsung Galaxy S21 FE 5G dibekali layar Dynamic AMOLED 2x Display berukuran 6,4 inci dengan resolusi Full HD Plus dan refresh rate 120 Hz.

Layar ponsel ini memiliki touch sampling rate 240 Hz yang bisa diaktifkan di menu Game Mode, serta Eye Comfor Shield yang bisa mengurangi efek sinar biru (blue light) dari ponsel.

Pada bagian tengah atas layar, terdapat modul punch hole yang memuat kamera selfie beresolusi 32 MP (f/2.2, berbidang pandang 81 derajat).

Untuk sektor jeroan, Samsung Galaxy S21 FE 5G mengandalkan chipset dengan fabrikasi 5nm yang memiliki prosesor (CPU) delapan inti (octa-core).

Samsung tidak menyebutkan secara gamblang apa jenis chipset tersebut.

Namun, apabila mengacu pada rumor yang berseliweran, System-on-Chip (SoC) ponsel ini bisa jadi adalah Exynos 2100 atau Snapdragon 888, tergantung dengan pasarnya. SoC tersebut juga digunakan oleh Samsung Galaxy S21 Series lainnya.

SoC ponsel ini kemudian dipadukan dengan konfigurasi memori dengan RAM 8 GB, serta dua pilihan memori internal, yaitu 128 GB dan 256 GB.

Punggung ponsel ini juga bisa digunakan untuk mengisi daya perangkat lain secara nirkabel melalui fitur Wireless PowerShare.

Fitur pendukung Samsung Galaxy S21 FE 5G lainnya mencakup Optical Fingerprint yang sudah dibenamkan di bawah permukaan layar, sertifikasi anti debu dan air dengan rating IP68, serta NFC untuk kemudahan mengisi uang elektronik.

Untuk aspek software, Samsung Galaxy S21 FE 5G sudah menjalankan sistem operasi (OS) Android 12 yang dipoles dengan tampilan antarmuka (UI) terbaru khas Samsung, One UI 4.

Ponsel dengan dimensi ketebalan 7,9 mm dan bobot 177 gram ini hadir dengan empat varian warna, yaitu Olive, Lavender, White, dan Graphite.

Harga dan ketersediaan

Dikutip KompasTekno dari GSM Arena, harga global Samsung Galaxy S21 FE adalah 749 euro, atau sekitar Rp 12 juta untuk versi 8GB/128GB dan akan mulai tersedia pada 11 Januari mendatang.

Galaxy S21 FE juga sudah muncul di halaman Samsung Indonesia, namun, pihak Samsung Indonesia belum mengumbar harga dan ketersediaan ponsel tersebut di Tanah Air.

Update: Samsung Galaxy S21 FE Resmi Masuk Indonesia 9 Januari, Ini Harganya

https://tekno.kompas.com/read/2022/01/04/09053887/samsung-galaxy-s21-fe-5g-resmi-meluncur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke