Salin Artikel

Merger Indosat-Tri Resmi Disetujui, Ini Harapan Menkominfo untuk Industri

Persetujuan ini ditandai dengan ditekennya Keputusan Menteri Kominfo Nomor 7 Tahun 2022 tentang Persetujuan Penggabungan Penyelenggaraan Telekomunikasi PT Indosat Tbk dan PT Hutchison 3 Indonesia pada hari ini, Selasa (4/1/2022).

Dengan demikian, entitas gabungan kedua perusahaan bernama PT Indosat Ooredoo Hutchison Tbk (“Indosat Ooredoo Hutchison”) resmi beroperasi.

Pemberian persetujuan penggabungan usaha dari Kominfo ini dikeluarkan bersamaan dengan tanggal efektif merger antara Indosat dan Tri hari ini, yakni 4 Januari 2022.

"Hari ini, saya sebagai Menkominfo telah memberikan persetujuan atas merger dan akuisisi atau penggabungan Indosat dan Tri melalui Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 7 Tahun 2022," kata Johnny dalam konferensi pers yang disiarkan secara daring melalui saluran YouTube Kemkominfo TV, Selasa (4/1/2022) sore.

Johnny mengatakan, dengan diterbitkannya keputusan menteri tersebut, maka seluruh hak dan kewajiban Tri terkait dengan penyelenggaraan telekomunikasi secara resmi beralih menjadi hak dan kewajiban milik Indosat, termasuk dan tidak terbatas pada:

"Selain itu, ini menjadi hasil konkret dari hasil UU Cipta Kerja Nomor 11 Tahun 2020 dan PP Nomor 46 Tahun 2021 tentang Pos Telekomunikasi dan Penyiaran," lanjut Menkominfo.

Menkominfo berharap, dengan disetujuinya penggabungan usaha antara Indosat dan Tri, industri telekomunikasi nasional menjadi lebih semarak dan memiliki daya saing yang lebih kuat, khususnya dalam rangka penguatan struktur pemodalan, peningkatan SDM, serta perluasan pangsa pasar.

"Kami harapkan upaya merger dan akuisi dalam rangka konsolidasi telekomunikasi indonesia semakin didudukung sehingga bisa menghasilkan iklim industri telekomunikasi yang lebih produktif dan efisien di Indonesia dalam memeberikan dukungan atas transformasi digital nasional," kata Johnny.

Sebab dari merger, setidaknya ada dua poin utama yang didapatkan. Pertama, pemanfaatan infrastruktur telekomunikasi lebih efisien. Kedua, pemanfaatan spektrum frekuensi akan lebih optimal.

Setelah Indosat-Tri efektif merger mulai 4 Januari 2022, Indosat selaku
Perusahaan Penerima Penggabungan Usaha memiliki kewajiban untuk memenuhi beberapa komitmen yang sebelumnya telah dicantumkan sebagai syarat dalam surat persetujuan prinsip penggabungan Indosat-Tri yang diteken Menkominfo Johnny pada 5 November lalu.

Beberapa syarat diantaranya, Indosat wajib mengembalikan pita frekuensi radio kepada negara sebesar 5 MHz FDD (Frequency Division Duplexing) atau 2 kali 5 MHz (total 10 MHz) di spektrum 2,1 GHz.

Selain itu, Indosat juga wajib meningkatkan kualitas layanannya dalam hal kecepatan download dan upload throughput sampai dengan tahun 2025.

https://tekno.kompas.com/read/2022/01/04/18363087/merger-indosat-tri-resmi-disetujui-ini-harapan-menkominfo-untuk-industri

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.