Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menjajal Oppo A95, Main "Mobile Legends" Bisa "Rata Kanan"?

KOMPAS.com - Oppo A95 merupakan ponsel A-Series terbaru dari Oppo di Indonesia dengan desain punggung "Oppo Glow" yang ikonik dan cantik.

Meski demikian, ponsel berbanderol Rp 4 juta ini masih dibekali dengan spesifikasi yang cukup untuk menunjang kegiatan pengguna, salah satunya untuk bermain game.

Setidaknya begitu menurut pengujian KompasTekno terhadap Oppo A95 untuk memainkan sejumlah game populer, seperti Mobile Legends, PUBG: New State, Call of Duty, hingga Genshin Impact.

Secara hardware, Oppo A95 ditenagai dengan chipset Qualcomm Snapdragon 662 dengan prosesor (CPU) delapan inti (octa core) berkecepatan 2 GHz dan pengolah grafis (GPU) Adreno 610 berkecepatan 950 MHz.

Untuk konfigurasi memori, ponsel ini dibekali dengan RAM 8 GB (LPDDR4X) dan memori internal dengan kapasitas 128 GB.

Bisa rata kanan?

Berdasarkan pengujian KompasTekno, konfigurasi hardware seperti ini memungkinkan pengguna Oppo A95 memainkan game Mobile Legends dengan lancar.

Bahkan, pengguna bisa memainkan game ini tanpa adanya hambatan dengan pengaturan kualitas grafis tertinggi "rata kanan", alias "Ultra" dengan frame rate "High".

Pengaturan seperti ini sama dengan pengaturan grafis Mobile Legends di sejumlah ponsel flagship seperti Mi 10T Pro dan kelas menengah macam Oppo Reno6.

Kendati demikian, pengguna hanya bisa memainkan PUBG: New State, Genshin Impact, hingga Call of Duty Mobile dengan pengaturan grafis rendah (low) hingga menengah (medium), sebagaimana ilustrasi gambar di atas.

Pengguna Oppo A95 sebenarnya bisa saja mengatur kualitas grafis di ketiga game tersebut menjadi "rata kanan" alias pengaturan tertinggi (high).

Namun, animasi di dalam game akan sedikit patah-patah (stuttering), membuat pengalaman bermain di ponsel ini menjadi tidak nyaman. Selain itu, ponsel juga akan cepat panas.

Sehingga, kami menyarankan pengguna Oppo A95 untuk memainkan aneka game populer tadi, khususnya Genshin Impact, PUBG: New State, Call of Duty Mobile, dan lain sebagainya dengan pengaturan grafis terendah.

Sekadar informasi, KompasTekno sendiri sempat mencoba memainkan keempat game tadi masing-masing selama kurang lebih satu jam. Pengaturan grafis untuk Mobile Legends diatur ke Ultra, sementara untuk tiga game lainnya diatur ke "Low".

Hasilnya, game-game tersebut masih bisa berjalan dengan lancar dengan suhu bodi ponsel yang tidak terlampau panas, hanya terasa hangat saja.

Namun perlu dicatat, ketika Oppo A95 menjalankan Genshin Impact, pengalaman bermain pengguna akan sedikit terganggu dengan adanya sedikit patah-patah pada animasi game, serta punggung ponsel juga akan sedikit lebih panas dari biasanya.

Hal ini terbilang wajar karena hardware ponsel harus bekerja keras untuk memuat konten visual dari game yang terkenal memiliki kualitas grafis yang cukup tinggi tersebut.

https://tekno.kompas.com/read/2022/01/05/12300057/menjajal-oppo-a95-main-mobile-legends-bisa-rata-kanan-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke