Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Buku yang Dibaca Bill Gates pada 2021

KOMPAS.com - Pendiri Microsoft, Bill Gates mengaku ia telah membaca banyak buku sepanjang tahun 2021. Hal itu ia sampaikan dalam sebuah postingan yang diunggah di blog pribadinya, GatesNotes.com.

Meski demikian, ada lima buku yang menjadi buku favorit Gates di tahun 2021. Kelima buku tersebut terdiri dari dua buku fiksi ilmiah (science fiction), dua buku non-fiksi (non-fiction), dan satu novel fiksi yang bercerita tentang suatu sosok bersejarah.

Lantas, apa saja judul kelima buku tersebut? Mengapa menjadi buku favorit Gates di 2021?

Simak informasinya dalam daftar berikut, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GatesNotes.com, Rabu (5/1/2022).

A Thousand Brains: A New Theory of Intelligence merupakan buku non-fiksi karya Jeff Hawkins yang dirilis pada 2 Maret 2021.

Buku ini mencuri perhatian Gates karena di dalamnya terdapat beragam teori menarik yang bisa mendasari sistem kerja kecerdasan buatan, alias artificial intelligence (AI) yang cukup mumpuni.

Sebagai penulis, Hawkins disebut Gates sebagai sosok yang selama ini mempelajari koneksi antara ilmu saraf (neuroscience) dengan pembelajaran mesin (machine learning).

Sehingga, tak aneh apabila Gates menjadikan salah satu buku Hawkins sebagai salah satu favoritnya, lantaran mungkin background si penulis sejalan dengan aneka teori AI yang disampaikan di dalam buku.

The Code Breaker: Jennifer Doudna, Gene Editing, and the Future of the Human Race merupakan buku non-fiksi terbaru karya penulis buku Steve Jobs sekaligus mantan petinggi kantor berita internasional CNN, Walter Isaacson yang dirilis pada 9 Maret 2021.

Gates suka buku ini karena di dalamnya terdapat teori tentang teknologi penyuntingan genom (gene editing) CRISPR yang diprakarasi oleh ilmuwan biokimia kenamaan di dunia, Jennifer Doudna.

Sederhananya, teknologi CRISPR memungkinkan ilmuwan memodifikasi gen (DNA) makhluk hidup, termasuk hewan dan manusia, dengan virus, gen, atau protein asing demi merubah sifat DNA asli.

Dalam bukunya, Gates mengklaim si penulis, Isaacson berhasil menjawab berbagai pertanyaan besar terkait CRISPR, begitu juga masa depan manusia ketika teknologi tersebut marak dipakai.

Klara and the Sun merupakan novel fiksi ilmiah karya Kazuo Ishiguro yang dirilis pada 2 Maret 2021 lalu.

Buku ini bercerita tentang perempuan sakit-sakitan yang memiliki "teman buatan" yang merupakan sebuah robot.

Menurut Gates, hubungan antara robot dengan manusia tersebut menjadikan buku ini menarik untuk dibaca.

Sebab, kehidupan tersebut menggambarkan bahwa ternyata robot bisa dipakai untuk kebaikan, terlepas dari beragam pandangan yang mengklaim bahwa teknologi tersebut bakal memiliki dampak buruk bagi kehidupan manusia.

Project Hail Mary merupakan karya terbaru dari penulis novel fiksi ilmiah populer The Martian, yaitu Andy Weir yang dirilis pada 4 Mei 2021.

Buku fiksi ilmiah Weir ini masuk ke dalam salah satu daftar buku favorit Gates lantaran ia mengaku bahwa cerita dalam buku tersebut seru untuk dibaca.

Menurut Gates, Project Hail Mary sendiri bercerita tentang seorang guru sains yang tiba-tiba "dipindahkan" ke planet lain tanpa mengetahui penyebabnya.

Masalah yang dialami guru tersebut lantas diceritakan sepanjang buku, dan yang menarik menurut Gates adalah cara dia menggunakan ilmu pengetahuan yang dimiliki untuk kembali lagi ke tempat asalnya.

Berbeda dengan dua buku sebelumnya yang merupakan buku fiksi ilmiah, Hamnet merupakan buku fiksi sejarah karya Maggie O'Farrell yang dirilis pada 31 Maret 2020. 

Menurut Gates, buku ini cocok bagi para pengguna yang merupakan penggemar dari berbagai cerita dan drama roman yang dibuat oleh William Shakespeare.

Pasalnya, Maggie menulis novel ini berdasarkan dua kejadian yang populer di masa lampau, yaitu kematian anak berusia 11 tahun dari sosok penyair populer, "The Bard" yang bernama Hamnet, serta drama tragedi buatan Shakespeare, Hamlet.

Secara keseluruhan Gates mengaku ia menikmati Hamnet, namun secara spesifik, ia sangat suka dengan karakter "Anne" yang diceritakan di dalam novel tersebut, di mana karakter itu dianggap sebagai sosok tak kasat mata alias gaib.

https://tekno.kompas.com/read/2022/01/05/13010077/5-buku-yang-dibaca-bill-gates-pada-2021

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke