Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Kelebihan WhatsApp Business untuk Pelaku Usaha

WhatsApp Business menyediakan berbagai fitur yang berbeda dengan WhatsApp biasa, seperti fitur katalog, balas pesan otomatis, dll.

Fitur-fitur tersebut dikumpulkan dalam sebuah Business Tools yang menjadi kelebihan WhatsApp Business daripada WhatsApp biasa.

Nah, apa saja kelebihan dari WhatsApp Business itu?

Berikut ini adalahbeberapa kelebihan WhatsApp Business yang dapat Anda manfaatkan untuk menunjang bisnis pelaku usaha, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari halaman resmi WhatsApp, Kamis (6/1/2022).

Business Profile

Dengan fitur ini, pelaku usaha bisa memuat informasi utama terkait bisnis yang dijalani.

Seperti misalnya nama tampilan, foto profil, website, e-mail bisnis, foto produk, kategori bisnis Anda, alamat, hingga jam operasional.

Fitur ini daoat membantu untuk memberikan kelengkapan informasi bisnis Anda agar semakin dipercaya oleh pelanggan.

Katalog

Fitur katalog dapat dimanfaatkan pelaku usaha mempublikasikan berbagai produk yang dijual. Foto produk juga dilengkapi dengan deskripsi dan harga sehingga pelanggan dapat langsung memesan (add to cart) maupun menanyakan melalui fitur chat.

Greeting Message

Kelebihan WhatsApp Business lainnya adalah adanya fitur Greeting Message yaitu pesan otomatis yang terkirim kepada pelanggan yang baru saja menghubungi bisnis Anda seperti salam pembuka.

Away Message

Away Message merupakan fitur WhatsApp Business yang memungkinkan pengguna membuat balasan otomatis saat jam operasional bisnis belum dibuka. Sehingga, pelanggan akan tetap merasa terlayani.

Quick Replies

Fitur ini berguna untuk membalas pesan masuk dari pelanggan menggunakan pesan berulang sehingga pelaku usaha tidak perlu mengetikkan ulang dan pelanggan akan merasa terbalas dengan cepat.

Labels

Fitur label memudahkan pelaku usaha untuk menandai siapa saja pelanggan baru, pesanan baru, pembayaran tertunda, pembayaran yang sudah dibayar dan pesanan yang terselesaikan.

Mengontrol iklan di Facebook

Di WhatsApp Business, pelaku usaha juga dapat langsung membuat sekaligus mengontrol iklan di Facebook sehingga dapat menjangkau pelanggan lebih luas. 

Facebook & Instagram

Fitur ini membuat pelaku usaha dapat menyambungkan akun WhatsApp Businessnya ke akun Instagram Bisnisnya dan Facebook.

Short Link

Fitur Short Link membuat pelaku usaha dapat membagikan kontak WhatsApp Businessnya dengan mudah hanya dengan membagikan link WhatsApp Businessnya.

Selain itu terdapat QR Code yang dapat memudahkan pelanggan langsung melakukan chat tanpa harus menyimpan nomor telepon WhatsApp Business Anda.

Terdapat fitur template “Message” yang dapat Anda atur untuk pesan awal pelanggan menghubungi Anda. Contoh saja seperti “Halo, saya ingin menanyakan mengenai produk A”

Itulah beberapa kelebihan WhatsApp Business yang bisa Anda maksimalkan untuk bisnis Anda. Semoga membantu.

https://tekno.kompas.com/read/2022/01/05/19010037/ini-kelebihan-whatsapp-business-untuk-pelaku-usaha

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke