Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

CPU Intel Alder Lake Gen 12 Diluncurkan, Apa Saja Keunggulannya?

Intel membagi CPU Alder Lake ke dalam dua kategori berbeda, yakni S-series (desktop) dan H-series (mobile).

Setidaknya terdapat 22 prosesor desktop dan 28 prosesor mobile Intel Core generasi ke-12 yang diperkenalkan. Masing-masing dari jenis prosesor tersebut menawarkan performa yang beragam. Lantas, bagaimana spesifikasi dan keunggulannya?

S-series

Alder Lake S-series hadir dengan 16 core dan 24 thread dengan TDP yang mampu menghantarkan daya 35 - 65 Watt. Intel turut memberikan dukungan pada memori sistem PCIe 5.0/PCIe 4.0 dan DDR5/DDR4.

Prosesor ini diklaim memiliki performa single-thread 1,36 kali lebih cepat dan pemrosesan 1,35 kali lebih cepat dalam multi-thread, apabila dibandingkan dengan CPU Intel Core generasi ke-10.

Performa grafis yang dijanjikan pada Alder Lake S-series juga lebih ngebut, yakni hingga 1,94 kali lebih cepat dan hingga 2,81 lebih cepat dalam GPU image classification inference performance.

Sektor grafis Alder Lake S-series mengandalkan UHD Graphics 770 yang digerakkan oleh arsitektur Intel Xe untuk mendukung tampilan virtual. Alder Lake S-series diperkirakan akan mulai tersedia di pasaran pada Januari 2022.

H-series

Sementara itu, Alder Lake H-series mempunyai 14 core CPU (6-P-core dan 8 E-core) serta 20 threads dengan rentang TDP mencapai 35-45 Watt.

Berbasis teknologi proses Intel 7, prosesor H-series generasi ke-12 terbaru ini menawarkan dukungan memori untuk modul DDR5/LPDDR5 dan DDR4/LPDDR4 hingga 4800 MT/s.

Alder Lake H-series hadir dengan performa single-thread yang diklaim 1,04 kali lebih cepat dan multi-thread hingga 1,18 kali lebih cepat dibanding pendahulunya, yakni Intel Core generasi ke-11.

Produsen chip asal AS ini menjelaskan bahwa prosesor ini hadir dengan grafis terintegrasi Intel Iris Xe yang dikombinasikan dengan AI.

Pada seri Alder Lake H-series, Intel mengunggulkan model flagship Core i9-12900HK. Prosesor ini dipasangkan dengan Performance-cores (P-cores) dan Efficient-cores (E-cores).

Dengan kombinasi tersebut, Core i9-12900HK diklaim mampu memprioritaskan beban kerja dan melakukan pengelolaan distribusi melalui Intel Thread Director, serta meningkatkan performa sistem di berbagai aplikasi single dan multi-threaded.

Keunggulan lain yang ditawarkan prosesor ini termasuk kinerja gaming yang diklaim lebih cepat hingga 28 persen dibanding Intel Core i9-11980HK. Core i9-12900HK juga diklaim mampu menghasilkan kinerja rendering 3D 43 persen lebih tinggi dibanding generasi sebelumnya.

Ada pula dukungan Thunderbolt 4 yang menyajikan kecepatan transfer hingga 40 Gbps dan konektivitas PC ke berbagai monitor 4K dan aksesoris peripheral lainnya. Untuk ketersediaan, Alder Lake H-series kemungkinan akan segera dirilis di pasar global pada April 2022.

Akan ada lebih dari 20 perangkat baru yang ditenagai oleh Alder Lake H-series dengan total lebih dari 100 perangkat yang diperkirakan akan diluncurkan oleh Acer, Asus, Dell, HP, Lenovo, MSI, dan Razer.

U-series dan P-series

Intel juga mengumumkan P-series yang diposisikan sebagai prosesor untuk desain laptop dengan desain ramping dan ringan.

P-series hadir dengan 14 core (20 thread) dengan grafis terintegrasi Intel Iris Xe yang beroperasi pada base power 28 Watt. Ada pula prosesor U-series yang beroperasi dengan rentang TDP 9-15 Watt. CPU ini dirancang khusus bagi laptop dengan desain ramping dan ringan yang form factornya telah dioptimalkan.

Prosesor ini dirancang untuk menangani multitasking dan menunjang produktivitas bisnis dan bermain game dalam resolusi FHD. Prosesor Intel Core U-series dan P-series generasi ke-12 ini akan tersedia pada kuartal pertama tahun 2022.

Keduanya juga akan hadir pada berbagai perangkat yang dirancang untuk sistem operasi Windows dan Chrome.

https://tekno.kompas.com/read/2022/01/06/20200027/cpu-intel-alder-lake-gen-12-diluncurkan-apa-saja-keunggulannya-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke