Salin Artikel

BMW Pamer Mobil yang Bisa Berubah Warna, Begini Cara Kerja Teknologinya

BMW iX Flow dibekali dengan teknologi bernama "E Ink". Teknologi itulah yang memungkinkan warna eksterior mobil berubah dari hitam ke putih atau sebaliknya.

Selain bodi mobil, teknologi ini juga disematkan di pelek BMW iX Flow, sehingga bagian tersebut juga bisa berganti warna. Lantas, bagaimana cara kerja teknologi ini?

Menurut Project Lead BMW iX Flow, Stella Clarke, teknologi E Ink sebenarnya dibuat berdasar teknologi layar berubah warna. Teknologi ini biasa dipakai di perangkat pembaca buku elektronik alias eReader seperti produk Kindle buatan Amazon.

"Proyek ini kami mulai dari memikirkan bagaimana teknologi eReader ini disematkan ke mobil kami," kata Clarke dalam sebuah video wawancara yang dilansir BMWBlog.com dan dikutip KompasTekno, Jumat (7/1/2022).

Clarke melanjutkan, secara teknis, teknologi warna yang bisa berubah tersebut mengandalkan kapsul-kapsul elektrik kecil yang berwarna hitam dan putih, yang lantas disematkan BMW ke seluruh "kulit" mobil iX Flow.

Agar bisa menyala dan berganti warna, kulit mobil tersebut dipasok aliran listrik berdaya rendah. Clarke juga mengatakan fitur ini bisa diaktifkan ketika mobil sedang dikendarai.

Di CES 2022 sendiri, mobil tersebut dipamerkan dan terparkir di sebuah venue, dengan fitur E Ink menyala dan mobil berganti warna dari hitam ke putih dan sebaliknya.

Bisa berubah warna jadi warna lain?

Terkait warna, Clarke mengatakan bahwa teknologi perubahan warna di mobil BMW sendiri sebenarnya bisa dikembangkan, agar bisa memiliki variasi warna yang lebih beragam.

"Saat ini, kami sebenarnya bisa mengaplikasikan teknologi ini dalam warna yang berbeda, misalnya merah, biru, kuning, hijau, dll. Meski membutuhkan pengerjaan ekstra, hal itu sangat mungkin kami terapkan," jelas Clarke.

Bahkan, Clarke mengeklaim pihaknya bisa menyematkan hingga empat jenis warna, sehingga mobil memiliki empat variasi warna yang bisa digonta-ganti sesuai selera pengguna.

"Teknologi ini memungkinkan kami bisa menyematkan lebih banyak kapsul warna ke dalam mobil kami. Alhasil, pengguna bisa mengkombinasikan warna favorit pengguna dalam mobil BMW kami," ungkap Clarke.

Clarke juga turut mengatakan bahwa teknologi ini bisa saja disematkan di mobil BMW lain.

Namun, untuk saat ini, BMW masih fokus menyematkan teknolgi tersebut khusus untuk BMW iX Flow.

"Tentu saja teknologi ini bisa disematkan ke mobil BMW lainnya, namun untuk saat ini BMW iX Flow merupakan satu-satunya mobil yang cocok untuk teknologi tersebut," pungkas Clarke.

https://tekno.kompas.com/read/2022/01/07/13310087/bmw-pamer-mobil-yang-bisa-berubah-warna-begini-cara-kerja-teknologinya

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.