Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Menggabungkan File PDF di Mac Tanpa Aplikasi Tambahan

Dalam urusan tertentu, Anda biasanya akan diminta untuk menggabungkan beberapa dokumen tersebut ke dalam satu file PDF. Misalnya dalam urusan melamar pekerjaan, perusahaan mungkin akan meminta dokumen persyarat kerja untuk dijadikan satu file PDF.

Menggabungkan file PDF jadi satu bukan perkara mudah bagi yang belum terbiasa. Namun, bagi pengguna perangkat Apple, MacBook atau Mac, Anda bisa dengan mudah menggabungkan file PDF jadi satu tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

Anda dapat menggabungkan file PDF hanya dengan menggunakan aplikasi penampil PDF bawaan Mac, yakni Preview. Berikut cara menggabungkan file PDF jadi satu di Mac.

Dalam menjajal cara ini, KompasTekno menggunakan MacBook dengan sistem operasi macOS Catalina. MacBook dengan versi sistem operasi yang berbeda kemungkinan memiliki tahapan yang berbeda juga.

Sayangnya fitur gabung file PDF seperti itu belum ditemukan pada laptop dengan sistem operasi Windows. Terpantau pada laptop Windows 10, cara menggabungkan file PDF masih harus menggunakan aplikasi tambahan, seperti Nitro Pro, Foxit Reader, dan sebagainya.

Selain menggunakan aplikasi tambahan, Anda juga bisa memakai layanan menggabungkan file PDF yang disediakan dalam beberapa situs, seperti ilovepdf.com, smallpdf.com, dan sebagainya.

Demikian cara menggabungkan file PDF di laptop atau komputer Mac, selamat mencoba.

https://tekno.kompas.com/read/2022/01/07/15450007/cara-menggabungkan-file-pdf-di-mac-tanpa-aplikasi-tambahan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke