Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Siap-siap, Ponsel 5G Xiaomi Bakal Murah di Indonesia

Memasuki tahun 2022 ini, Xiaomi mengungkapkan niatnya untuk membuat harga ponsel 5G di Indonesia semakin lebih murah lagi untuk konsumen di Indonesia.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Alvin Tse selaku Country Director Xiaomi Indonesia dalam sebuah acara daring bertajuk "Embrace 2022 with Xiaomi Corporation" yang disiarkan hari ini, Jumat (7/1/2022).

"Kami, Xiaomi Indonesia, akan terus memimpin industri ini dengan menurunkan harga smartphone 5G tahun 2022," kata Alvin.

Alvin belum menjabarkan lebih rinci bagaimana cara Xiaomi membuat harga ponsel 5G buatannya bisa lebih terjangkau pada tahun 2022.

Orang nomor satu Xiaomi Indonesia ini pun belum memberikan kisi-kisi soal seri ponsel 5G dengan harga berapa yang akan diboyong ke Indonesia pada tahun ini.

Ia hanya menggambarkan bahwa ponsel 5G yang dijual di Indonesia kini masih terbilang "mahal", yakni kebanyakan dijual di atas harga Rp 5 juta.

"(Banderol harga tersebut) dikarenakan ongkos produksi ponsel 5G juga lebih mahal dari ponsel biasanya (4G LTE)," pungkas Alvin.

Pantauan KompasTekno dari laman resmi Xiaomi Indonesia, ponsel Xiaomi dengan dukungan konektivitas 5G juga kebanyakan masih berasal dari lini ponsel flagship dengan harga yang "mahal".

Deretan ponsel flagship 5G Xiaomi tersebut memiliki banderol harganya di atas Rp 5 juta  hingga Rp 17 jutaan. Mulai dari Xiaomi Mi 11, Mi 11 Ultra, Mi 10T series, hingga yang terbaru Xiaomi 11T series.

Dengan banderol ponsel 5G yang kebanyakan masih di atas Rp 5 juta diklaim bertolak belakang dengan kondisi pasar Indonesia saat ini. Alvin mengatakan bahwa smartphone yang terjual di Indonesia paling banyak berasal dari segmen entry level.

"Smartphone merupakan pasar yang terus berkembang di Indonesia. Sekarang kami masih melihat bahwa volume penjualan ponsel terbesar berasal dari smartphone di bawah 2 juta (entry-level)," kata Alvin.

Soal ponsel 5G murah di Indonesia, Alvin mengatakan bahwa Xiaomi sudah menghadirkan sejumlah ponsel 5G dengan banderol lebih terjangkau sejak 2021. Salah satunya dengan merilis ponsel Redmi Note 10 5G dengan harga Rp 2,9 juta.

"Jika Xiaomi Indonesia dapat terus menurunkan harga smartphone 5G, saya pikir adopsi smartphone 5G di Indonesia akan mulai meningkat," kata Alvin.

Meski demikian, menurut pandangan Alvin, ponsel 5G baru akan lebih bisa dijangkau oleh lebih banyak masyarakat Indonesia pada 2023 mendatang.

https://tekno.kompas.com/read/2022/01/07/18050057/siap-siap-ponsel-5g-xiaomi-bakal-murah-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke