Salin Artikel

Dua Polisi Dipecat gara-gara Main "Pokemon Go" Saat Ada Perampokan

Berdasarkan dokumen yang dirilis Pengadilan California, kejadian bermula pada 15 April 2017 ketika petugas bernama Louis Lozano dan Eric Mitchell tertangkap kamera tengah memainkan game Pokemon Go.

Keduanya lalu mendapat perintah panggilan untuk membantu menangani aksi perampokan yang terjadi di pusat perbelanjaan Macy's di Crenshaw Mall, Los Angeles, California.

Alih-alih datang membantu ke Tempat Kejadian Perkara (TKP), keduanya menghiraukan panggilan radio yang masuk sebanyak dua kali.

Melalui video yang terekam dari sistem kamera mobil patroli, Lozano dan Mitchell terlihat sedang asyik mendiskusikan cara menangkap Snorlax dan berencana untuk memburu Togetic, salah satu jenis pokemon langka di dalam game.

"Saya tidak ingin menjadi (rekan) bantuannya," ungkap Lozano menanggapi permintaan panggilan.

"Ah, persetan dengan (panggilan) itu," imbuhnya.

Seorang kapten polisi yang tiba di TKP melihat mobil patroli lain terparkir di dekatnya dan bertanya-tanya mengapa petugas tidak menanggapi dan menjawab panggilan.

Menurut rekaman video, Lozano dan Mitchell justru nekat mengejar Snorlax ke jalan "46th and Leimert".

Setelah berhasil menangkap monster virtual berbadan besar di game berbasis Augmented Reality (AR) tersebut, keduanya lalu mengemudi ke lokasi tempat Togetic berada.

"Astaga, bung. (Pokemon) ini mencoba melawanku," ucap Mitchell saat ia mencoba menangkap Togetic.

"Teman-teman yang lain akan sangat iri," begitu sekiranya ucapan Mitchell yang tercantum pada dokumen pengadilan.

Keduanya bermaksud untuk memamerkan monster buruannya yang tergolong langka kepada rekan-rekan mereka.

Ketika dimintai keterangan terkait peristiwa tersebut, Lozano dan Mitchell berdalih dan mengatakan bahwa mereka sedang mengobrol sehingga tidak mendengar panggilan yang dimaksud.

Pihak Departemen Kepolisian Los Angeles kemudian memeriksa kamera yang terpasang pada dasbor mobil patroli Lozano dan Mitchell.

Benar saja, video yang terekam memperlihatkan dengan jelas aksi kekanak-kanakan yang dilakukan Lozano dan Mitchell.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari CBS News, Kamis (13/1/2022), Lozano dan Mitchell sempat mengajukan banding dengan alasan penyalahgunaan percakapan pribadi mereka.

Namun, banding tersebut ditolak dan keduanya dipecat setelah menerima putusan dari pihak pengadilan Los Angeles pada beberapa hari lalu.

https://tekno.kompas.com/read/2022/01/13/12030057/dua-polisi-dipecat-gara-gara-main-pokemon-go-saat-ada-perampokan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.