Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ghozali Everyday Jual NFT Foto Selfie, Harga Tertinggi Tembus Rp 3 Triliun

NFT adalah sebuah token kriptografi yang mewakili suatu barang yang dianggap unik. Dengan memiliki aset NFT, pemilik seperti memiliki karya seni atau barang antik. Sederhananya, NFT ibarat sertifikat atas karya tersebut dan pemilik bisa menjualnya.

Dalam kasus Ghozali, "barang antik" di sini adalah kumpulan foto selfie Ghozali yang dijual di marketplace NFT populer, OpenSea. Kurang lebih, ada 933 buah foto selfie Ghozali. Koleksi ratusan NFT foto selfie Ghozali itu diberi nama "Ghozali Everyday".

Di laman Opensea miliknya, Ghozali memberikan deskripsi singkat soal NFT Ghozali Everyday yang dijualnya itu. Ternyata, foto selfie yang jumlahnya hampir 1.000 buah itu dikumpulkan Ghozali sejak 2017 silam, saat usianya masih 18 tahun.

"Saya mengambil foto diri saya sejak saya berusia 18 hingga 22 tahun (2017-2021). Itu benar-benar gambar saya yang berdiri di depan komputer hari demi hari," tulis Ghozali.

Dalam riwayat aktivitas penjualan, Ghozali pertama kali tercatat menjual NFT Ghozali Everyday pada Senin (10/1/2022). Ketika itu, NFT foto selfie Ghozali memiliki floor price sebesar 0,001 ETH (Ethereum) atau kira-kira hampir Rp 48.000.

Menurut laman resmi OpenSea, floor price sendiri adalah harga terendah untuk satu item dalam koleksi, yang diperbarui secara real-time oleh OpenSea.

Namun, pantauan KompasTekno pada Kamis (13/1/2022) siang pukul 11.30 WIB, floor price untuk NFT Ghozali Everyday sudah melejit, yakni dijual paling murah seharga sekitar 0,3 ETH atau setara Rp 14,3 juta untuk satu foto selfie.

Sementara foto selfie dari koleksi Ghozali Everyday paling mahal dijual sebesar 66.346 ETH (setara Rp 3,1 triliun).

Foto selfie itu adalah item "Ghozali_Ghozalu #528" yang kini dimiliki dan dijual kembali oleh pengguna OpenSea dengan username "sonbook".

NFT Ghozali Everyday viral di medsos

Beberapa waktu belakangan ini, nama Ghozali memang menjadi bahan pembicaraan hangat di media sosial. Bahkan, nama "Ghozali" juga masuk Trending Twitter Indonesia dengan total cuitan yang membicarakannya mencapai lebih dari 25.000 twit hingga Kamis siang.

Di akun tersebut, @Ghozali_Ghozalu terlihat memberikan perkembangan soal penjualan NFT Ghozali Everyday.

Per Rabu (12/1/2022), menurut akun tersebut, dari 933 NFT foto selfie, sebanyak 331 di antaranya sudah laku terjual.

Tak hanya itu, akun @Ghozali_Ghozalu juga sering berinteraksi dengan netizen yang membeli NFT Ghozali Everyday.

Termasuk mengungkapkan cerita di balik pengambilan foto selfie yang dibeli oleh netizen.

Seorang netizen juga sempat bertanya kepada Ghozali, apakah NFT foto selfie dirinya sudah pernah disalahgunakan untuk mendaftarkan pinjaman online?

"Belum, saya khawatir tentang sesuatu yang lebih buruk dari itu," balas akun @Ghozali_Ghozalu.

Terkait masalah penyalahgunaan, dalam sebuah twit, Ghozali secara khusus sempat meminta pemilik NFT foto selfie dirinya untuk tidak menyalahgunakannya.

"Kamu bisa melakukan apa saja seperti menjual atau apa pun, tetapi tolong jangan menyalahgunakan foto saya atau orang tua saya akan sangat kecewa kepada saya," tweet @Ghozali_Ghozalu.

"Saya percaya pada kalian jadi tolong jaga foto-foto saya," lanjut dia.

Namun bila melihat informasi yang disertakan seorang netizen, dalam tangkapan layar terlihat bahwa pemegang token Ghozali Ghozalu sudah mengumpulkan sekitar 28,5 ETH atau setara Rp 1,35 miliar per Kamis siang.

Saat ini, koleksi NFT Ghozali Everyday memiliki nilai jual rata-rata hampir 0,3 ETH. Maka bila dikalkulasi, koleksi 933 foto selfie Ghozali ini bernilai sekitar 279,9 ETH atau setara Rp 13,3 miliar.

KompasTekno sudah berusaha untuk menghubungi Ghozali melalui akun Twitter @Ghozali_Ghozalu untuk bertanya leih lanjut soal NFT Ghozali Everyday ini.

Selain Twitter, KompasTekno juga mencoba menghubungi akun Facebook yang disertakan di laman OpenSea NFT Ghozali Ghozalu. Sayangnya hingga berita ini ditulis, Ghozali belum memberikan respons.

https://tekno.kompas.com/read/2022/01/13/15450077/ghozali-everyday-jual-nft-foto-selfie-harga-tertinggi-tembus-rp-3-triliun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke