Salin Artikel

Baby Shark Pecahkan Rekor YouTube, Jadi Video Pertama yang Ditonton 10 Miliar Kali

Hingga berita ini ditulis, Jumat (14/1/2022), lagu dengan lirik "Baby shark, doo, doo, doo, doo, doo, doo" itu sudah ditonton sebanyak 10,005 miliar kali di YouTube.

Video musik Baby Shark yang berdurasi 2 menit 16 detik ini sendiri pertama kali diunggah di YouTube oleh perusahaan rekaman asal Korea Selatan, Pinkfong, pada 18 Juni 2016 lalu.

Kabar pencapaian baru Baby Shark ini juga telah diumumkan oleh Pinkfong melalui akun Twitter resminya.

"Hari ini kami menciptakan tonggak sejarah baru dengan pencapaian kami! 'Baby Shark Dance' menjadi video pertama dalam sejarah yang mencapai 10 miliar penayangan di YouTube!" kicau akun @Pinkfong.

Ketika itu, Baby Shark sudah ditonton 7,048 miliar kali di YouTube, melampaui video musik "Despacito". Itu artinya, bila dihitung, Baby Shark ditonton sebanyak 3 miliar kali hanya dalam waktu sekitar 1 tahun 3 bulan.

Dengan lebih dari 10 miliar penayangan, Baby Shark kembali mengukuhkan posisinya sebagai video yang paling banyak ditonton di YouTube hingga saat ini.

Rekor baru ini juga semakin melebarkan jarak antara Baby Shark dengan Despacito yang notabene merupakan video paling banyak ditonton nomor dua di YouTube.

Kini, lagu Despacito yang dinyanyikan oleh Luis Fonsi featuring Daddy Yankee itu telah ditonton sebanyak 7,7 miliar kali di YouTube.

Dari musik sampai NFT Baby Shark

Video musik Baby Shark pertama kali diunggah di YouTube oleh perusahaan rekaman asal Korea Selatan, Pinkfong pada 18 Juni 2016 lalu. Lagu ini dibawakan oleh penyanyi cilik berdarah Korea-Amerika bernama Hope Segoine, yang kala itu berusia 10 tahun.

Setelah dirilis, lagu Baby Shark tidak langsung booming dan populer. Dua tahun setelah diunggah di Youtube, lagu dengan lirik "Baby shark, doo, doo, doo, doo, doo, doo" barulah booming.

Awal mulanya, lagu Baby Shark berhasil masuk ke dalam daftar tangga lagu bergengsi dunia, Billboard Hot 100 di posisi 32 pada 12 Januari 2019.

Dari situ kemudian muncul tantangan tari bernama Baby Shark Challenge di media sosial.

#BabySharkChallenge dilaporkan pertama kali menjadi viral di Asia. Setelah itu, tren #BabySharkChalleng ini menyebar ke seluruh dunia.

Popularitas Baby Shark tak berhenti di #BabySharkChallenge. Sejak booming, Baby Shark makin banyak hadir dalam format hiburan lainnya, termasuk konser live untuk anak-anak, "Baby Shark Live!", serial animasi Baby Shark's Big Show!, serta film Baby Shark.

Yang terbaru, Baby Shark juga hadir dalam bentuk Non Fungibel Token alias NFT. Pinkfong telah memperkenalkan koleksi NFT Baby Shark pertama yang diberi nama "Baby Shark: Collection No. 1".

NFT Baby Shark itu pertama kali dijual di situs jual-beli NFT Makersplace pada awal Desember 2021, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Jumat (14/1/2022).

Sebagaimana dihimpun dari situs Makersplace, koleksi NFT Baby Shark: Collection No. 1 telah terjual kepada pengguna Makersplace dengan username "dafky2000" senilai 13,5 ETH atau yang saat itu setara dengan sekitar 56.000 dollar AS.

https://tekno.kompas.com/read/2022/01/14/13080097/baby-shark-pecahkan-rekor-youtube-jadi-video-pertama-yang-ditonton-10-miliar

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.