Salin Artikel

Tips Main "Wordle", Game Tebak Kata yang Ramai di Twitter

KOMPAS.com - Game teka-teki kata, Wordle belakangan cukup ramai di Twitter. Beberapa pengguna platform mikroblogging itu saling pamer screenshot (tangkapan layar) skor Wordle, setelah mereka berhasil memecahkan teka-teki.

Jika belum tahu apa itu Wodle, game ini adalah permainan tebak kata berbahasa Inggris berbasis situs web. Wordle bisa diakses lewat situs berikut. Dengan tampilan sederhana, Wordle mampu membuat pemainnya berpikir keras.

Wordle akan meminta pemain untuk menebak satu kata yang benar di setiap harinya. Akan tetapi, Wordle sama sekali tidak memberi petunjuk terkait kata apa yang harus ditebak oleh pemain.

Sehingga, pemain harus menebak kata dalam bahasa Inggris secara acak. Pemain harus bisa menebak kata yang tersusun dari lima huruf secara horisontal (menyamping) dalam enam kali kesempatan.

Apabila Anda tidak dapat menebak kata yang benar, maka Anda kalah di hari itu dan baru bisa mencoba menebak kata lagi di hari selanjutnya.

Ya, Wordle memang hanya mengizinkan Anda untuk bermain satu kali dalam sehari. Apabila anda membuka situs web Wordle lewat peramban yang sama, Wordle akan meminta pemain untuk menunggu keesokan harinya.

Setiap hari, Wordle bakal mengeluarkan kata baru yang siap untuk Anda tebak. Terdengar cukup sulit? 

Tapi tenang, sebagaimana game lain, ada trik yang bisa dilakukan untuk menebak kata di Wordle dengan mudah. Jika Anda penasaran bagaimana cara menebak kata dengan mudah, berikut tips cara main Wordle.

Mulai dengan kata yang biasa digunakan sehari-hari

Tips cara main Wordle yang pertama adalah pakai kata yang biasa digunakan para penutur asli bahasa Inggris sehari-hari. Anda tidak perlu terlalu berpikir keras terkait kata berbahasa inggris apa yang bakal Anda gunakan sebagai percobaan untuk menebak kata yang benar di Wordle.

Pencipta Wordle, Josh Wardle memberikan sedikit bocoran terkait sifat kata dalam Wordle. Saat mengembangkan Wordle, Wardle telah mengumpulkan sebanyak 12.500 kata yang terdiri dari lima huruf.

Dari jumlah tersebut, ia saring dan akhirnya berkurang sebanyak 2.500 kata. Wardle mengatakan bahwa kata yang telah disaring tersebut merupakan kata yang biasa digunakan sehari-hari setidaknya dalam 20 tahun terakhir, dirangkum KompasTekno dari The Guardian, Jumat (14/1/2022).

Dengan informasi itu, Anda bisa mulai mencoba menebak kata Wordle dengan menggunakan intuisi pada kata-kata berbahasa Inggris yang tersusun dari lima huruf dan yang umum digunakan para penutur asli bahasa Inggris.

Perhatikan warna kotak untuk mencoba menyusun kata selanjutnya

Tips cara main Wordle berikutnya adalah Anda harus memperhatikan setiap warna kotak dari masing-masing huruf untuk mencoba menyusun kata di kesempatan selanjutnya.

Wordle memang tidak memberikan Anda petunjuk terkait kata apa yang harus ditebak. Namun, Wordle memberi penanda huruf yang bisa menjadi acuan untuk menyusun kata berikutnya. Penanda huruf tersebut berupa warna kotak.

Jadi, Wordle ini tersusun dari kumpulan kotak yang terdiri dari enam kolom dan lima baris. Masing-masing kolom yang terdiri dari lima baris kotak, bisa Anda gunakan sebagai kesempatan untuk menebak kata hingga di kolom terakhir harus sudah bisa menemukan kata yang benar.

Ketika Anda mencoba memasukkan kata di satu kolom, Wordle bakal memberi petunjuk berupa kotak bewarna. Ada tiga warna kotak yang bisa digunakan sebagai petunjuk.

Pertama, terdapat warna kotak hijau yang berarti huruf Anda merupakan bagian dari kata dan berada di posisi yang benar.

Kedua, warna kotak kuning yang berarati huruf Anda merupakan bagian dari kata, tapi tidak berada di posisi yang benar.

Ketiga, warna kotak abu-abu yang berarti huruf Anda tidak termasuk bagian dari kata. Anda bisa menggunakan penanda warna kota itu sebagai acuan untuk mencoba menyusun kata di kolom-kolom selanjutnya sebanyak enam kali.

Sebagai gambaran, kata yang harus ditebak adalah "HELLO". huruf "H-E-L-L-O" harus berada di posisi yang benar, yakni urut dari kiri ke kanan.

Apabila pada percobaan menebak kata yang pertama, huruf "H" diletakkan di kotak pertama, maka akan berubah menjadi warna hijau.

Kemudian, apabila huruf "E" terletak di urutan terakhir pada percobaan kedua, warna akan berubah menjadi kuning, yang artinya, hurufnya benar, tapi posisi salah.

Jika pemain memasukkan huruf lain di luar kata "HELLO", maka kotak akan berubah menjadi abu-abu, yang berarti huruf dan posisi salah.

Bekerja sama dengan teman

Selanjutnya, tips cara main Wordle supaya bisa menebak kata dengan benar adalah bekerja sama dengan teman. Ini adalah salah satu cara mudah apabila Anda sudah buntu dalam menyusun kata dan kesempatan menebak Anda tinggal satu kali.

Wardle sebagai pencipta Wordle mengatakan game ini sebenarnya bukan didesain untuk kompetisi. Ia mengatakan bahwa Wordle merupakan game yang bisa dimainkan dengan santai dan yang penting bisa meningkatkan interaksi bagi para pemainnya.

Meskipun bukan game kolektif, Wardle berharap para pemain bisa saling berbagi informasi dengan orang-orang terdekat, misalnya saudara atau teman untuk berembug menebak kata.

Selain cara di atas, Anda juga bisa menggunakan kamus bahasa Inggris untuk membantu menemukan kata yang benar di Wordle, seperti dihimpun dari NZ Herald.

Setelah selesai bermain Anda bisa membagikan keberhasilan Anda di berbagai media sosial, dengan cara klik opsi “Share”. Setelah itu otomatis Wordle bakal membuat salinan skor Anda.

Namun, jangan harap salinan tersebut bakal berisi kata apa yang benar di Wordle pada hari itu. Salinan yang bakal Anda bagikan ke media sosial hanya berisi kotak berwarna tapi kosong, tidak ada isi hurufnya.

Jadi, hasil temuan kata Anda di Wordle tidak bisa dengan mudah ditiru oleh orang lain di media sosial tanpa bertanya langsung. Demikian tips cara main Wordle, selamat mencoba.

https://tekno.kompas.com/read/2022/01/14/13300087/tips-main-wordle-game-tebak-kata-yang-ramai-di-twitter

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.