Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Inilah Benco V80s, Smartphone Tanpa Kamera dan GPS untuk Privasi Pengguna

Benco merilis ponsel bernama Benco V80s yang tampil tanpa kamera dan GPS. Alasannya, Benco ingin membuat perangkat yang fokus untuk melindungi privasi dan keamanan pengguna.

"Dengan desain ini, Anda dapat menikmati kehidupan yang lebih aman dan bebas tanpa khawatir akan malware yang memantau dari kamera atau lokasi GPS," demikian keterangan Benco Mobile di situs resminya.

Dengan absennya kamera, pengguna tidak perlu khawatir adanya malware "mata-mata" yang bisa mengakses kamera tanpa izin. Penjahat siber juga tidak dapat mengakses data lokasi, karena tak ada dukungan chip GPS di V80s.

Sekilas tampilan Benco V80s memang seperti smartphone pada umumnya. Di bagian depan terlihat adanya poni (notch) layar. Namun, alih-alih kamera depan, notch tersebut menampung beberapa sensor seperti sensor carak dan cahaya.

Layarnya memiliki bentang 6,5 inci dengan rasio aspek 20:9 dan mampu menampilkan resolusi 1600 x 720 piksel.

Dapur pacu Benco V80s ditenagai oleh chipset octa-core Unisoc SC9863A dengan clockspeed 1,6 GHz.

Chipset ini disandingkan dengan RAM 4 GB dan penyimpanan 64 GB. Ada pula opsi konfigurasi 3 GB/32 GB. Pengguna juga dapat memperluas penyimpanan menggunakan slot microSD. Baterainya memiliki kapasitas 5.000 mAh.

Fitur lainnya yang ditawarkan Benco V80s yaitu dukungan jaringan 4G, wifi dual-band, pemindai sidik jari di bagian punggung serta dukungan kartu SIM ganda.

Ponsel yang dipasarkan di China ini berjalan menggunakan sistem operasi Android 11. Benco V80s hadir dalam warna biru dan silver. Namun, perusahaan belum mengumumkan harga maupun ketersediaan Benco V80s.

https://tekno.kompas.com/read/2022/01/14/14160087/inilah-benco-v80s-smartphone-tanpa-kamera-dan-gps-untuk-privasi-pengguna

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke