Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Game Free Fire Dituduh Jiplak PUBG, Ini Kata Garena

Menurut Garena, tuduhan Krafton soal free Fire jiplak PUBG itu adalah tuduhan tanpa dasar.

"Klaim Krafton diajukan tanpa ada dasar yang jelas," ujar juru bicara Garena dalam keterangan resminya, dikutip KompasTekno dari The Verge, Selasa (18/1/2022).

Krafton sendiri menyatakan Free Fire dan Free Fire Max (FF Max) secara ekstensif menjiplak berbagai aspek Battlegrounds (PUBG), baik secara individu maupun dalam kombinasi, termasuk fitur air drop yang dilindungi hak cipta milik PUBG.

Lebih rinci, Krafton menyebut struktur dan permainan game, pemilihan senjata, armor (baju besi), objek unik, lokasi maupun keseluruhan pilihan skema warna dan tekstur dalam Free Fire mencontek PUBG.

Menurut Krafton, Garena memperoleh ratusan juta dolar AS dari penjualan item dalam aplikasi. Google dan Apple disebut kebagian sejumlah besar dari pendapatan tersebut.

Untuk itu, Krafton meminta Garena menghentikan eksploitasi Free Fire dan Free Fire Max (FF Max) serta meminta Google maupun Apple untuk menghentikan distribusi game tersebut.
Tanggapan Garena

Krafton pun menuntut ke pengadilan, agar game Free Fire dan Free Fire Max dihapus dari toko aplikasi Play Store (Android) dan App Store (iOS).

Sejak 2017

Menurut dokumen pengaduan Krafton, Garena mulai menjual game Free Fire yang dinilai menyalin PUBG di Singapura, tak lama setelah PUBG diluncurkan pada 2017.

Game ini awalnya dijual di App Store dan Play Store, dengan nama Free Fire: Battlegrounds, namun kini disebut Free Fire saja.

Pada saat itu, Krafton telah mengajukan klaim terhadap Garena dan telah diselesaikan. Namun Krafton tidak pernah menandatangani perjanjian lisensi dengan Garena.

Meski sempat digugat pada 2017, namun pada 28 September 2021, Garena merilis game baru berjudul Free Fire Max (FF Max) yang merupakan game mobile terpisah, dan didistribusikan di toko aplikasi Apple maupun Google.

Menurut Krafton, game ini ditujukan untuk menawarkan pengalaman yang sama dengan Free Fire, namun melanggar berbagai aspek PUBG.

Krafton sendiri sudah meminta Apple dan Google untuk menghentikan distribusi Free Fire sejak 21 Desember 2021, namun ditolak.

Youtube juga tak bergegas menghapus video yang dinilai Krafton melanggar hak cipta. Alhasil, Krafton membawa masalah ini ke pengadilan.

https://tekno.kompas.com/read/2022/01/18/10010097/game-free-fire-dituduh-jiplak-pubg-ini-kata-garena

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke