Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Xiaomi Suntik Dana untuk Teknologi UWB, Pengganti Inframerah di Smartphone

Seperti Bluetooth, UWB merupakan teknologi komunikasi berbasis gelombang radio untuk penggunaan jarak pendek dan transmisi data yang cepat serta stabil. Xiaomi pernah menyematkan teknologi ini di Mi Mix 4.

Informasi itu didapat dari database lembaga pendaftaraan bisnis China, QCC yang diperbarui  Januari 2022. Dalam laporan itu, disebutkan bahwa Xiaomi mengucurkan dana ke sebuah startup kecil yang fokus pada teknologi UWB, bernama Ultraception.

Dalam database QCC dijelaskan, Ultraception didirikan pada tahun 2019 dan dipimpin oleh Dong Zongyu sebagai CEO.

Menurut deskripsinya, Ultraception juga bergelut di bisnis server, data, bisnis semikonduktor serta telekomunikasi. Setelah Xiaomi melakukan investasi, saham Ultraception kini memiliki 6,5 juta saham.

Kabarnya, teknologi UWB akan menggantikan sensor cahaya inframerah yang banyak digunakan Xiaomi di berbagai produknya. Sebab, UWB disebut mengonsumsi lebih sedikit energi dibanding inframerah.

UWB sebenarnya sudah ada sejak tahun 1990. Namun baru pada 2020 teknologi ini bisa dirasakan manfaatnya oleh konsumen karena disematkan pada berbagai ponsel, perangkat smart home hingga perangkat pelacak seperti Samsung SmartTag.

Pada Samsung SmartTag atau Apple Airtag, UWB membantu memberikan sistem pelacakan perangkat yang lebih akurat serta lebih hemat daya, karena perangkat ini tidak perlu terhubung ke stop kontak setiap saat.

Dihimpun KompasTekno dari Gizmochina, Selasa, (18/1/2022), Xiaomi akan menggunakan teknologi UWB pada produknya di masa depan, sebagaimana inframerah digunakan untuk mengendalikan bermacam perangkat smart home.

Didukung dengan software algoritma UWB, Xiaomi mengeklaim perangkat smart home-nya yang dibekali UWB , akan memiliki tingkat akurasi tinggi.

Xiaomi juga sesumbar bahwa teknologi UWB akan membantu ponsel maupun perangkat pintar memiliki persepsi spasial, atau pelacakan yang lebih akurat di dalam ruangan seperti GPS Indoor.

Dengan teknologi ini, pengguna hanya perlu mengarahkan ponsel ke perangkat apa pun, sehingga menu pengontrol akan muncul di layar secara otomatis. Jika terealisasikan, maka pelacakan akan semakin mudah dilakukan.

Sejauh ini baru Xiomi Mi Mix 4 yang mendukung teknologi UWB. Namun dengan investasi perusahaan pada teknologi ini, perangkat Xiaomi dengan UWB mungkin akan bertambah di kemudian hari.

https://tekno.kompas.com/read/2022/01/18/13310037/xiaomi-suntik-dana-untuk-teknologi-uwb-pengganti-inframerah-di-smartphone

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke