Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Inikah Tanda Game PS3 Bisa Dimainkan di PS5?

Pasalnya, Dead or Alive 5 adalah game yang dirilis untuk konsol PS3. Game besutan Team Ninja ini sebelumnya memang sudah hadir di laman toko digital PS5.

Namun alih-alih tersambung ke layanan PlayStation Now, sejumlah pengguna mengaku dapat melihat nominal harga Dead or Alive 5 yang dijual dengan banderol 7,99 pound sterling atau sekitar Rp 156.000. Lantas, apakah ini tanda game PS3 juga bakal bisa dimainkan di PS5?

Kabar munculnya game PS3 di halaman toko online PS5 ini pertama kali diumumkan oleh akun Twitter @JordanMiddler.

Middler mengaku menemukan kejanggalan saat sedang mencari kata kunci "Dead or Alive" di kolom pencarian toko game yang diakses melalui PS5.

"Tak ingin bikin panik, tapi game PS3 seharusnya tidak memiliki harga ketika dilihat melalui PS5," tulis Middler.

Meski deretan game PS3 tersebut juga bisa dimasukkan ke dalam daftar wishlist, namun pengguna PS5 mengaku tidak dapat melakukan transaksi pembelian untuk game tersebut.

PS5 dukung PS3?

Fenomena ini sontak menimbulkan dugaan baru yang menyebutkan bahwa PS5 akan mampu mendukung deretan game dari era konsol PS3.

Dugaan tersebut mungkin terdengar masuk akal, mengingat PS5 sudah dilengkapi dengan kemampuan backward compatibility, sehingga memungkinkan pengguna untuk dapat memainkan game dari seri konsol sebelumnya.

Belum lama, Sony memang telah merilis paten terbaru terkait kemampuan backward compatibility. Paten yang diajukan pada 6 Januari lalu tersebut menjelaskan penggunaan clock spoof dan kontrol grain frequency pada PS5.

Sementara itu, spekulasi lain mengatakan bahwa kemunculan harga game PS3 ini bisa jadi merupakan tanda-tanda kehadiran layanan baru dari Sony yang diberi nama Spartacus.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Video Games Chronicle, Kamis (20/1/2022), Spartacus merupakan layanan gabungan PlayStation Plus dan PlayStation Now.

Layanan berlangganan ini nampaknya akan diluncurkan Sony sebagai kompetitor dari Xbox Game Pass yang dikelola oleh Xbox.

Hanya error?

Tidak sedikit pengguna PS5 lain yang mencoba untuk membuktikan kabar kemunculan game PS3 tersebut. Namun, sebagian besar dari mereka mengaku tidak menemukan harga pada game Dead or Alive 5 atau judul game lainnya di PS5 Store.

Alhasil, ada kemungkinan besar bahwa fenomena ini terjadi berdasarkan error belaka. Sony hingga saat ini masih bungkam dan belum memberikan pernyataan terbuka terkait hal ini.

https://tekno.kompas.com/read/2022/01/20/11020057/inikah-tanda-game-ps3-bisa-dimainkan-di-ps5-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke